Cara Sukses Peluang Usaha “Budidaya Lele” Menggunakan Kolam Plastik

budidaya lele peluang usaha sampingan

Budidaya lele menjadi sangat menarik karena permintaan pasar yang terus meningkat. Bukan hanya itu, pemerintah pusat maupun daerah memberi dukungan dalam bentuk penelitian serta penyuluhan budidaya lele. Terutama bagi petani agar meraih sukses berperan pada peluang usaha budidaya lele ini. Pesatnya permintaan dan mudahnya pemeliharaan membuat banyak petani melakukan usaha sampingan budidaya lele kemudian mengubahnya jadi usaha utama.

Ikan lele bisa hidup dalam kerapatan tinggi. Dia juga terbilang hewan kuat dan tahan terhadap hama. Dan ternyata, lele mengandung banyak nutrisi serta vitamin bermanfaat bagi tubuh kita. Menjadikan lele sebagai konsumsi sehari-hari sama baiknya dengan mengkonsumsi ikan yang mahal.  Jadi lele bisa dijadikan pilihan oleh kalangan ekonomi menengah bawah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Budidaya lele bisa dilakukan oleh siapa saja dengan lahan terbatas sekalipun. Bahkan, lele bisa berkembang biak dalam, maaf, septic tank, tanpa menganggu manfaatnya. Akan tetapi tentu saja lele hidup dalam media ini tidak ingin kita konsumsi. Oleh karena itu pada artikel ini kami mencoba memberikan alternatif budidaya lele pada kolam plastik terpal bagi anda bila ingin mencoba memeliharanya.

Cara budidaya ikan lele dalam kolam plastik

Kolam terpal plastik
kolam terpal plastik sederhana

Untuk mendapat hasil maksimal dari peluang usaha budidaya ikan lele, tentunya kita tidak bisa melakukan sambil lalu. Meskipun ikan ini bisa berkembang biak dengan mudah, kondisi, pengawasan dan perawatan yang baik tetap dibutuhkan. Jadi walaupun sedikit, lele tetap membutuhkan perawatan terutama dalam hal pakan karena ikan ini termasuk ikan rakus.
Seperti disebutkan diatas, budidaya lele bisa dilakukan dengan sumber air sedikit meskipun benih ditebar banyak. Mereka sanggup hidup berdesak-desakan dan mencapai ukuran ideal untuk dikonsumsi pada kolam ikan tingkat sebar tinggi (padat). Akan tetapi untuk menghasilkan lele berukuran maksimal tentu saja kerapatan ini harus menjadi perhatian. Nah, sebagai usaha sampingan peluang usaha budidaya lele, mari kita coba melakukan cara budidaya lele kolam plastik terpal pada lahan terbatas.

Kelebihan serta keuntungan kolam plastik terpal sebagai media budidaya lele

kolam terpal plastik budidaya lele
Kolam terpal untuk bisnis lebih serius

Kolam plastik terpal banyak digunakan dikalangan petani. Baik yang menjalankan budidaya sebagai usaha sampingan maupun menjadikannya sebagai peluang usaha utama alias sumber penghasilan utama. Kolam plastik terpal memiliki kelebihan atau keunggulan dibanding kolam permanen atau kolam galian tanah, diantaranya adalah :

  • Kolam plastik terpal bisa ditempatkan dimana saja
  • Lebih murah dibanding kolam semen permanen
  • Ukuran kolam bisa disesuaikan ukuran lahan tersedia
  • Ikan terhindar dari hewan pemangsa
  • Warna ikan terlihat  lebih cerah, bersih serta nyaris sama (seragam)
  • Kuaitas ikan lele lebih baik dan terjaga
  • Kolam bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan

Budidaya lele pada kolam plastik terpal bisa dilakukan untuk peluang usaha budidaya lele sampingan maupun bisnis utama.

Kelemahan kolam plastik terpal untuk peluang usaha budidaya lele

budidaya kolam terpal rangka alumunium
Kolam terpal rangka alumunium

Penggunaan plastik terpal sebagai kolam peluang usaha budidaya juga memiliki kelemahan yaitu lebih mudah rusak dan membutuhkan mesin pengatur volume air.  Akan tetapi hal itu tidak mengurangi keuntungan dibanding menggunakan kolam permanen.

Hal yang harus diperhatikan untuk persiapan kolam plastik terpal

  • Konstruksi kolam. Pastikan kolam dibangun dengan kokoh, tidak mudah roboh.
  • Saluran buangan jika terjadi kelebihan volume air akibat turun hujan atau lainnya
  • Kebersihan plastik terpal. Pastikan terpal dicuci dengan sabun untuk menghilangkan sisa bahan kima yang bisa membunuh ikan, dibilas dan dikeringkan selama 1 – 2 hari, lalu dicuci dan dikeringkan kembali selama 1 – 2 hari.
  • Isi kolam dengan air setinggi maksimal air yang dibutuhkan. Untuk mudahnya, anda bisa mengisi kolam budidaya lele ini setinggi 20 – 30 cm.
  • Biarkan kolam tanpa ikan selama kurang lebih 7 hari agar tumbuh lumut serta fito plankton yang dibutuhkan ikan.
  • Apabila kolam sudah siap, benih ikan lele bisa mulai ditebar.
  • Catatan : Ketinggian air kelak bisa ditambah hingga 80 cm seiring bertambahnya ukuran lele hasil budidaya.

Memilih benih lele unggulan

jual bibit lele sangkuriang unggul
Bibit lele sangkuriang

Benih unggul dapat diperoleh dari petani benih lele atau di balai perikanan terdekat. Adapun ciri benih ikan lele unggul adalah :

  • Ikan terlihat gesit, aktif  berenang dan bernafas
  • Memiliki warna cerah
  • Memiliki ukuran sama rata

Menebar benih ikan lele

Sebelum menebar benih budidaya, lakukan sedikit perhitungan untuk menyesuaikan jumlah ikan dengan ukuran kolam.  Untuk kolam berukuran 2 meter x 1 meter x 1 meter kubik, kita jumlah benih lele yang disarankan adalah 1000 ekor dengan ukuran benih lele 3 – 6 cm atau 2 meter kubik air berbanding 1000 benih lele. Semakin besar ukuran kolam, semakin banyak benih bisa ditebar.

Menyesuaikan benih dengan air kolam budidaya

  • Sediakan sebuah wadah plastik berukuran cukup besar misalnya bak atau ember.
  • Isikan wadah tersebut dengan air kolam dimana benih akan ditebar.Masukan seluruh benih kedalam wadah
  • Biarkan benih berada disana selama 20 – 30 menit agar benih lele menyesuaikan diri dengan kondisi air kolam budidaya dan menghilangkan stress akibat perjalanan.
  • Tebar benih ikan lele kedalam kolam dengan cara memasukan wadah kedalam kolam perlahan-lahan dan membiarkan ikan berenang keluar dengan sendirinya.
  • Waktu penebaran benih lele kedalam kolam budidaya.
  • Waktu yang tepat untuk menebar benih adalah pada pagi atau malam hari karena suhu udara pada saat itu relatif stabil.

Menyortir benih lele

Penyortiran benih dilakukan setelah benih lele ditebar selama kurang lebih 20 – 30 hari. Hal ini dilakukan untuk memisahkan ikan berukuran lebih kecil dengan lele berukuran rata-rata. Ikan-ikan berukuran lebih kecil ini bisa di budidaya pada kolam terpisah sementara lele berukuran besar dikolam utama.

Penyortiran ini diperlukan karena ikan dengan ukuran lebih kecil akan sulit bersaing mendapat pakan dan bisa menganggu pertumbuhan ikan lele lainnya yang berukuran besar. Apabila tidak memiliki dua kolam, ikan-ikan kecil ini bisa dimusnahkan atau dilepas ke sungai.

Mengatur kualitas air kolam budidaya

Perlu diketahui bahwa lele tidak menyukai warna air yang jernih. Untuk itu agar lele berkembang baik, kita bisa memasukan daun singkong atau daun pepaya agar air berubah warna menjadi hijau. Apabila lele sudah dewasa siap panen, warna air akan berubah menjadi kemerahan.

Meskipun kita hanya boleh memasukan air jernih, pastikan air kolam tidak berubah warna menjadi jernih karena lele tidak menyukainya. Sangat dianjurkan untuk menambahkan tanaman air sebagai peneduh air kolam dan menyerap racun air kolam. Kita bisa menanam kangkung atau eceng gondok pada kolam budidaya ikan lele. Selain membuat air menjadi tidak jernih, tumbuhan ini bisa menghasilkan pakan alami bagi budidaya lele.

Mengatur ketinggian air kolam

Seiring waktu, air kolam akan mengalami pengurangan akibat penguapan sehingga kita perlu menambahkan air hingga posisi normal.  Kolam yang terlalu dangkal akibat penguapan bisa membuat membuat ikan merasa terlalu panas, kelelahan dan akhirnya mati. Untuk itu setiap jangka waktu tertentu, sesuai kondisi cuaca lingkungan, perlu ditambahkan air.

Adapun posisi normal ketinggian air kolam untuk budidaya lele adalah :

  • Bulan pertama : 20 – 30 cm
  • Bulan kedua : 40 – 50 cm
  • Bulan ketiga : 80 cm

Memasok pakan

Ikan lele termasuk ikan yang rakus. Dia bisa memakan binatang apapun kalau tidak sengaja tercebur dan mati dalam kolam. Pakan yang dianjurkan untuk lele adalah jenis sentrat ikan 781-1 dengan kandungan nutrisi yang di butuhkan ikan lele. Sebaiknya baca juga cara membuat pakan lele sendiri dari bahan murah meriah nutrisi seimbang.

Pemberian pakan dilakukan sebanyak tiga kali sehari. Pada pagi hari antara jam 07:00 – 08:00, sore jam antara 17:00 – 18:00  dan malam hari antara jam 22:00 – 23:00. Akan tetapi memasok pakan bagi lele budidaya tidak harus 3 kali sehari. Bisa saja anda memberinya pakan 4 kali sehari menyesuaikan waktu dan kebutuhan ikan.

Sebagai peluang usaha sampingan, kami menganjurkan anda memberi pakan budidaya lele sebanyak dua kali saja yaitu pada pagi dan malam hari, sebelum dan sesudah pulang kerja. Hal ini tidak akan membuat ikan budidaya mati tetapi perkembangannya akan lebih lambat.
Perlu diketahui juga bahwa lele sangat menyukai pakan berupa alami berupa semut, ulat, atau serangga lainnya. Kita bisa memberi mereka pakan berupa serangga tersebut jika kebetulan menemukan atau bisa membelinya dalam jumlah cukup.

Mengendalikan hama dan penyakit

Sebagaimana budidaya lainnya, pengendalian hama dan penyakit pada budidaya lele juga patut diperhatikan. Meskipun ikan ini termasuk ikan yang tahan hama serta penyakit, tetapi dia tidak bisa melawan predator pemangsa seperti kucing dan burung pemakan ikan. Pastikan kolam budidaya diberi pagar penghalang agar predator tidak bisa menjamah ikan lele peliharaan anda.

Untuk penyakit, kita bisa memberikan obat yang bisa didapat pada toko hewan peliharaan atau kalau anda sudah mengerti, dalam keadaan darurat bisa diberikan obat yang biasa dikonsumsi manusia misalnya anti biotik dan anti septik dalam dosis disesuaikan jangan sampai obat tersebut justru membunuh ikan lele pada kolam budidaya.

Panen lele hasil budidaya

cara sukses peluang usaha budidaya lele sebagai bisnis sampingan
Pecak lele

Sesuatu yang paling menyenangkan dari melakukan peluang usaha sampingan budidaya adalah saat melakukan panen. Panen lele bisa dilakukan setelah ikan dipelihara selama kurang lebih 90 hari. Pilihlah hanya ikan-ikan berukuran sesuai permintaan pembeli. Ikan dengan ukuran lebih kecil sebaiknya dibiarkan dulu hingga ukurannya cukup besar.

Nah bisfreners, sebelum memutuskan untuk wirausaha budidaya lele sebaiknya kalau baca manfaat ikan lele bagi kesehatan. Selamat mencoba, dan sukses selalu.

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Dibagikan

Penulis :

You may also like

1 Comment