Peluang Usaha Modal Kecil Yang Bisa Dijadikan Bisnis Sampingan

Peluang usaha modal kecil untuk bisnis sampingan

Peluang usaha modal kecil yang bisa dijadikan bisnis sampingan – Bagi sobat Bisfreners yang belum atau mengalami kesulitan mendapatkan pekerjaan, mungkin sempat terbersit keinginan untuk wirausaha mudah dengan modal kecil. Begitu juga buat yang sudah bekerja, mungkin pernah terfikir untuk menambah penghasilan dengan cara membuka bisnis sampingan diluar penghasilan kamu. Nah jika sedang mencari-cari usaha sampingan dengan modal kecil, kami coba sajikan beberapa peluang usaha modal kecil yang mungkin menarik.

Peluang Usaha Modal Kecil Yang Bisa Dijadikan Bisnis Sampingan

Ketersediaan modal merupakan masalah utama bagi sebagian besar orang bila akan memulai bisnis, baik itu usaha utama maupun usaha sampingan. Seringkali seorang bersemangat untuk membuka usaha menjadi surut karena menemui kendala pada modal tersedia.

Akan tetapi, sebenarnya tidak semua usaha membutuhkan modal besar. Banyak peluang usaha modal kecil yang menarik serta mudah dijalankan. Bahkan beberapa peluang usaha modal kecil bisa menghasilkan pendapatan besar bila dikelola dengan baik. Perlu dibaca : Hebatnya para night owl alias orang yang kerja atau usaha sampingan malam hari.

Apa saja peluang usaha modal kecil juga bisa dijadikan bisnis sampingan ? jika melihat perkembangan ekonomi  saat ini sebenarnya banyak peluang bisa dijadikan sumber pendapatan jika kita serius untuk menjadikannya sebagai wirausaha sampingan maupun bisnis utama. Akan tetapi tentunya semua tergantung pada keyakinan individu masing-masing. Berikut beberapa bisnis untuk dicoba :

Peluang usaha payment point serta pulsa isi ulang

Peluang usaha payment point dan pulsa isi ulan
Payment Point

Saat ini banyak sekali perusahaan payment point menawarkan kerja sama bagi perorangan untuk menjalankan usaha payment point atau menjadi agen pembayaran listrik, pam, telpon, pulsa handphone, tiket, bahkan pembayaran angsuran atau cicilan kredit kendaraan dengan modal kecil.

Peluang usaha payment point, bisa dikatakan merupakan usaha sampingan dengan investasi modal kecil juga aman. Hanya dibutuhkan sejumlah kecil uang untuk bergabung serta deposit. Deposit dibayarkan umumnya bisa ditentukan sendiri oleh pemegang hak agen (pengusaha).  Penentuan deposit ini didasarkan atas kebutuhan banyaknya pembayaran dilakukan.

Seumpama agen dalam setiap hari, minggu, atau bulan membutuhkan Rp. 100.000,- untuk melayani transaksi pembayaran, maka agen bisa menyetorkan modal deposit sebesar Rp. 100.000,- tidak akan hangus seumur hidup.  Ketika agen melakukan transaksi pembelian pulsa listrik, misalnya Rp. 20.000,-, maka uang modal deposit akan dipotong sebesar nilai tersebut.

Peluang usaha dropship barang dijual online

Peluang usaha dropship barang yang dijual online
Dropship (@http://www.oneyesoneno.com/2015/09/batik-griya-buka-peluang-dropshipper.html)

Ini adalah bisnis sampingan semakin menggiurkan serta menjanjikan. Asal dijalankan dengan sabar juga hati-hati, peluang usaha modal kecil atau bahkan dikatakan nyaris tanpa modal uang ini, bisa menghasilkan keuntungan lumayan besar.

Hal paling dibutuhkan dari peluang usaha itu lebih pada kemampuan membangun jaringan di media sosial dibanding modal. Bisfreners tidak perlu memiliki sebuah website untuk menjalankan usaha ini, akan tetapi memiliki website bisa menjadi keuntungan tersendiri hingga pada akhirnya ketika usaha modal kecil itu sudah memberikan hasil, memiki sebuah website akan membuat eksistensi menjadi lebih diakui serta dipercaya.

Bagaimana cara memulai usaha ini ? cara paling sederhana namun juga paling utama adalah bukan modal tapi bergabung lalu mengamati kebiasaan teman-teman di media sosial. Bangun jaringan pertemanan di media sosial dengan kejujuran, kehati-hatian disamping kecerdikan. Tanpa kejujuran akan sulit mendapat kepercayaan. Tanpa kehati-hatian, bisa terjebak pada penipuan. Tanpa kecerdikan, akan sulit melihat produk peluang usaha modal kecil apa untuk ditawarkan di komunitas media sosial diikuti.

Apabila sudah memiliki jaringan pertemanan cukup, mulailah untuk melirik produk bisnis untuk ditawarkan lalu mencari sumber dimana mendapatkannya untuk dipasarkan secara dropship. Kalau sudah didapat barulah mulai memasarkan secara santai serta tidak agresif karena agresifitas sobat dalam memasarkan secara online akan membuat curiga selain membuat kesal teman-teman online.

Sekedar tips, jika ingin sukses menjalankan usaha sampingan ini, mulailah dengan melihat kebutuhan diri sendiri. Misalnya, jika sobat membutuhkan hijab, mulailah dengan usaha hijab. Ujilah si pedagang dengan membeli 1 atau 2 untuk kebutuhan kamu sendiri. Kalau pedagang bisa dipercaya, mengirim pesanan dengan baik, paketnya rapi serta dikirim cepat, maka dia layak dijadikan mitra usaha modal kecil usaha sampingan.

Peluang usaha modal kecil membuka gerai waralaba

Peluang usaha waralaba atau franchise
Waralaba Aloha drink (@http://www.aloharainbowdrink.com)

Saat ini sangat banyak peluang usaha waralaba ditawarkan. Mulai dari usaha makanan minuman, baju, kaos, percetakan, asesoris serta masih banyak lainnya. Modal investasi untuk membuka gerai waralaba tergantung dari masing-masing perusahaannya. Bisfreners bisa memulai dengan waralaba mesyaratkan investasi modal kecil antara 4 – 10 juta jika modal dimiliki terbatas.

Menjalankan usaha waralaba sama seperti menjalan bisnis lain pada umumnya. Akan tetapi kamu diuntungkan dengan fasilitas disamping merek sudah dikenal. Usaha waralaba juga jelas hitungan untung rugi nya sehingga lebih aman untuk didelegasikan kepada pegawai. Hal ini disebabkan karena hampir semua waralaba sudah memiliki hitungan produksi atas setiap penggunaan bahan baku. Jadi kamu bisa mengontrol penjualan melalui penggunaan atau pembelian bahan baku selain modal kecil diawal.

Peluang usaha sablon, modal kecil untung besar

peluang usaha sablon
Sablon (@http://tntscreenprinting.com/)

Jasa sablon merupakan usaha banyak dicari, baik oleh pengguna langsung maupun oleh pihak ketiga untuk membuka usaha percetakan juga garmen. Usaha sablon bukan hanya mengerjakan sablon kaos juga spanduk. Kalau mau menjadikan sablon sebagai penghasilan rutin lebih ringan serta tidak butuh tempat luas, kita bisa menyediakan jasa sablon khusus souvenir atau kartu nama juga undangan.

Perlu diketahui, meskipun dunia cetak digital sudah sedemikian maju, kualitas cetak secara konvensional seperti sablon masih tetap lebih baik serta lebih murah, dengan modal lebih kecil, dibanding cetak digital meskipun masing-masing memiliki keterbatasan. Itu sebabnya ceak sablon tidak pernah mati terus berkembang hingga saat ini.

Kalau mau memulai peluang usaha ini, sebaiknya mempelajari dulu teknik-teknik cetak serta alat-alat dibutuhkan. Kalau sudah menguasai, mulailah dengan menawarkan jasa cetak sablon diatas kertas, misalnya untuk kartu nama, ke usaha percetakan tersebar di dekat rumah atau lokasi usaha dipilih. Akan tetapi jika memilih untuk menekuni spesialisasi sablon kaos, kamu bisa bekerja sama dengan distro-distro yang saat ini tengah menjamur.

Peluang usaha kerajinan kreatif

Peluang usaha kerajinan kreatif
Kerajinan kreatif (@Shuuf)

Usaha kerajinan kreatif bisa dilakukan dalam bentuk misalnya mengolah limbah kayu, kain , plastik, kaca, kertas juga lain-lain menjadi produk bermanfaat. Banyak kisah sukses diukir para pelaku usaha pada bidang ini mungkin bisa mendorong anda untuk mencoba.
Keuntungan dari peluang usaha ini adalah, bisfreners bisa memulainya secara sambilan dengan mengikuti tutorial dari buku serta media online sehingga tidak membutuhkan waktu dengan modal kecil.

Cara pemasaran kerajinan paling baik adalah dengan menampilkan foto-foto produk di media sosial serta website. Karena dengan menggunakan media ini biaya pemasaran bisa ditekan sehingga waktu penyerahan bisa dinegosiasikan sehingga tidak perlu membuat dalam jumlah banyak lebih dahulu.

Peluang usaha sampingan menjadi penulis lepas di media online

menjadi penulis lepas di media online
Penulis (@Amaze)

Bagi sobat BISFRENERS dengan kemampuan untuk menulis, bakat ini bisa disalurkan dengan cara menjadi penulis lepas artikel atau cerita pendek banyak dibutuhkan oleh media-media online. Selain tidak menyita waktu kerja atau aktifitas utama, kegiatan ini juga bermanfaat untuk mengasah kemampuan juga kualitas karya tulis kamu.

Dalam memilih peluang usaha ini sebagai bisnis sampingan, sesuaikan kemampuan kamu dengan media ingin diikuti. Kamu harus punya strategi memilih perusahaan media online tepat sesuai pengalaman serta kemampuan.

Perusahaan media publikasi online besar memberikan imbalan lebih besar akan tetapi  biasanya mereka sudah memiliki penulis-penulis tetap juga handal untuk mengisi konten mereka. Nah kalau kamu ingin mencoba mengirim naskah atau mengajukan diri, sebaiknya kualitas tulisan kamu memiliki kelebihan dibanding penulis mereka.

Perusahaan media online menengah atau kecil biasanya dikelola secara pribadi atau bermitra dengan rekan-rekan mereka sesama penulis. Penghasilan relatif masih sangat kecil juga bergantung pada sponsor membuat fee dibayarkan juga kecil. Akan tetapi, kamu lebih mudah bergabung dengan perusahaan media online ini.
Kalau sobat merasa kualitas karya tulis kamu sudah cukup baik, sobat bisa langsung mengirim tulisan ke majalah atau koran diterbitkan secara offline, untuk mendapat bayaran lebih besar. Atau kalau mau coba kirim ke BISFREN, coba saja kirim naskah artikel kamu ke [email protected] [Sebaiknya baca : Mengapa harus menyerah dan kalah kalau kamu sudah sejauh ini.

Demikian artikel tentang beberapa peluang usaha modal kecil untuk dijadikan bisnis sampingan maupun usaha utama. Masih banyak peluang usaha lain disekitar kita tergantung kejelian kita dalam melihatnya dan memanfaatnya menjadi sumber penghasilan. Salam sukses. (fr)


Apabila artikel ini bermanfaat, bantu kami membagikan melalui facebook, twitter, google+ dan pinterest kamu dengan mengklik ikon bagikan dibawah artikel ini.

Dibagikan

Penulis :

You may also like

1 Comment