Pemukiman Liar Di Sekitar Masjid Luar Batang Akan Dibongkar Ahok

masjid luar batang akan dibongkar Ahok

Bisfren – Jakarta. Pemukiman liar di sekitar Masjid Luar Batang akan dibongkar pada bulan April 2016 yang akan datang. Eksekusi ini direncakan akan dilakukan terhadap permukiman liar di bantaran Pelabuhan Sunda Kelapa, dekat kawasan Masjid Luar Batang.

Sebagaimana diberitakan, Pemerintah Propinsi DKI Jakarta akan menormalisasi kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa sebagai bagian rencana penanggulangan banjir di Jakarta. Pada bantaran Pelabuhan Sunda Kelapa akan dipasang turap (Sheetpile) untuk menahan air laut saat  terjadi pasang.

“Karena disana harus bangun sheetpile,” kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Untuk pengerjaan ini tentu saja harus dilakukan penertiban terlebih dahulu, karena turap tidak bisa dipasang selama masih ada bangunan-bangunan liar.

“Saya kira pertengahan April akan eksekusi,” kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Ahok menjelaskan apabila dinding turap tidak dipasang pada lokasi yang saat ini masih diduduki warga, maka banjir akan terjadi saat air laut pasang karena saluran itu adalah perpanjangan dari air laut di Pelabuhan Sunda Kelapa.

“Tidak ada gunanya kita pompa, karena air laut masuk terus,” jelas Ahok.

Dengan dinormalisasinya kawasan pemukiman liar di sekitar masjid, maka Masjid Keramat Luar Batang akan bisa terlihat langsung dari arah Museum Bahari. Penggusuran ini tidak akan menggusur Masjid Luar Batang, makam tokoh agama, dan permukiman bersertifikat di sekitar Masjid.(fr)

Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait