Penghargaan Bagi Penulis Cerpen Dan Artikel Di Komunitas Cerita Pendek

Penghargaan Bagi Penulis Cerita Pendek Dan Artikel
Penghargaan Bagi Penulis Cerita Pendek Dan Artikel
Mesin tik (@TheWritePractice)

Meskipun terbilang pendatang baru, Bisfren.com kini semakin mengukuhkan posisinya sebagai komunitas penulis cerita pendek (cerpen) dan artikel remaja di Indonesia dengan jumlah pengunjung unik 8.000 orang per hari meskipun masih sangat bergantung pada komunitas cerita pendek yang dibentuk sejak tahun 2013 oleh para pendiri Bisfren.

Penghargaan Bagi Penulis Cerita Pendek Dan Artikel

Untuk semakin memperkuat komunitas ini, per tanggal 17 Mei 2016, Bisfren setiap bulan akan memberikan penghargaan berupa uang tunai kepada penulis yang terpilih dan aktif mengirimkan cerita pendek kepada redaksi bisfren.com. Besarnya uang tunai tersebut adalah masing-masing sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah) untuk 3 (tiga) orang penulis cerita pendek yang terpilih dan dinilai dari kualitas dan produktifitasnya.

Bukan hanya itu, setiap tulisan apapun yang masuk dan dimuat oleh redaksi akan memperoleh bonus uang tunai atau dalam bentuk pulsa sebesar Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah), setiap kali cerita pendek atau artikelnya tersebut mendapat LIKE (Jempol) dari 1.000 (seribu) orang yang diperhitungkan hanya selama 2 (dua) bulan sejak ditayangkan. Adapun maksimal jumlah jempol yang diperhitungkan adalah sebanyak 5.000 (lima ribu jempol). Maksudnya adalah, apabila sebelum dua bulan cerita pendek atau artikel yang dimuat sudah mendapat 5.000 jempol, maka perhitungan bonus akan dihentikan.

Sejujurnya, penghargaan ini merupakan nilai yang sangat kecil dari kami karena kami mengerti bahwa karya rekan-rekan bisfreners sangat tidak ternilai oleh uang. Akan tetapi hal ini kami anggap perlu untuk mendorong minat penulis pemula, pecinta komunitas cerita pendek agar lebih aktif dan berani mengirimkan karya-karyanya sebagai ajang latihan untuk dibaca dan dinilai oleh banyak orang.

Lalu apa saja syarat agar tulisan cerita pendek maupun artikel kamu bisa dimuat di komunitas cerpen bisfren.com ? Pada prinsipnya selama cocok untuk kalangan pemuda dan remaja, redaksi menghargai semua kiriman karena komunitas ini ditujukan untuk pemula dan profesional, jadi semua cerpen dan artikel bisa dimuat di bisfren asalkan memenuhi syarat sebagai berikut :

  1. Merupakan hasil karya sendiri
  2. Panjang minimal adalah 800 kata dan maksimal 6.000 kata
  3. Tulisan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan TIDAK disingkat-singkat, apalagi menggunakan bahasa “alay”.
  4. Penggunaan bahasa daerah dan bahasa asing dimungkinkan jika maksudnya adalah untuk memperkuat cerita.
  5. Penggunaan dialek “bahasa gaul” diperkenankan selama masih dalam batas wajar dan sopan dengan maksud untuk menarik minat remaja membaca dan mempermudah mereka memahaminya. Hal ini seperti penggunaan kata “Nggak, gak, diem, dan lain-lain”
  6. Tidak menyerang atau menghina suku, agama dan etnis tertentu.
  7. Tidak memprovokasi tindakan kekerasan, penyimpangan seksual dan penggunaan narkoba.
  8. Tidak melanggar tatanan sosial dan hukum yang berlaku di negara Indonesia.
  9. Cerpen atau karya tulis lainnya BOLEH disertai gambar maupun TIDAK disertai gambar ilustrasi. Jika disertai gambar, pengirim harus menyertakan alamat sumber darimana gambar diperoleh, kecuali gambar tersebut adalah hasil karya sendiri.

Adapun cara mengirim naskah cerpen dan artikel ke redaksi bisfren adalah melalui email ke [email protected] CC [email protected] atau langsung ke [email protected] Dikirim dalam bentuk attachment file MS Word / Wordpad / RTF atau diketik langsung.

Setiap kiriman naskah cerita pendek dan artikel melalui email akan segera dibalas oleh redaksi secara manual. Dibutuhkan waktu maksimal 48 jam bagi redaksi untuk memeriksa kiriman naskah. Jika naskah tidak layak untuk dimuat, pengirim akan segera diinformasikan melalui email balasan tersebut. Sedangkan naskah yang bisa ditayangkan akan disaring oleh redaksi dan tim editor dan diinformasikan kepada penulis.

Naskah cerpen dan artikel yang lolos penyaringan tim redaksi dan dijadwalkan untuk segera ditayangkan akan diinformasikan kepada penulis melalui email, pesan facebook atau SMS jika ada.

Jadi buat bisfreners, baik yang aktif sebagai penulis cerita pendek maupun pembaca cerita pendek, segera saja kirimkan karya tulis anda ke alamat email [email protected] dan biarkan pengunjung situs ini serta anggota komunitas cerpen membaca hasil karya anda.

Catatan :

  • Ketentuan mengenai penghargaan dan bonus bisa berubah sewaktu-waktu mengikuti kebijakan redaksi.
  • Melengkapi pertanyaan dari beberapa penulis, perlu diperjelas bahwa bisfren tidak memberikan imbalan di awal pemuatan melainkan berdasarkan jumlah LIKE dan SHARE serta penilaian bulanan.