Profesi Pekerjaan Yang Paling Banyak Dibutuhkan Di Indonesia

Profesi Pekerjaan Yang Paling Banyak Dibutuhkan Di Indonesia

Kebutuhan pekerjaan tanpa dukungan jumlah lapangan kerja yang mencukupi merupakan masalah yang dihadapi pencari kerja sehingga kaum muda harus mengatur strategi, menentukan karir serta memilih profesi pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan di Indonesia agar mudah terserap di lapangan kerja tersedia.

Profesi Pekerjaan Yang Paling Banyak Dibutuhkan

Dari data berbagai job fair dan data peluang kerja yang dikumpulkan, ternyata beberapa jenis pekerjaan berikut merupakan profesi pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan di Indonesia.

1. Tenaga Marketing

Semua perusahaan pasti membutuhkan tenaga pemasaran atau marketing untuk menjual produk dan jasa mereka. Tidak ada perusahaan tanpa marketing. Sekalipun itu adalah perusahaan kecil, setidaknya bos mereka memiliki fungsi merangkap marketing.

Marketing bisa dikatakan ujung tombak perusahaan untuk mendapatkan pelanggan baru maupun menjaga pelanggan lama. Namun tidak mudah mendapatkan orang-orang yang memiliki bakat marketing, menekuni dan menguasai bidang mereka.

Kebanyakan orang tidak mau menjadi marketing jika tidak terpaksa. Dibutuhkan kemampuan berbicara, berkomunikasi, bersosialisasi, dan berpenampilan menarik untuk menjadi marketing yang handal, meski itu tidak harus berlaku ketika kita berbicara tentang marketing di dunia maya.

Seorang marketing yang handal, menguasai produk yang dijual, serta mampu melakukan pendekatan personal dengan klien memiliki peluang menjadi pimpinan diperusahaan atau beralih menjadi pengusaha. Itu sebabnya seorang marketing yang berpengalaman bisa memiliki penghasilan yang besar.

Dalam dunia marketing yang menggunakan sistem bonus adil, seorang manager marketing belum tentu memiliki total penghasilan tahunan lebih tinggi dari bawahannya bila dia tidak ikut turun langsung melakukan penjualan.

Jika kamu ingin belajar menjadi pengusaha sukses dan menjadi kaya di usia dini, mulailah karir kamu dengan bergabung sebagai tenaga pemasaran di perusahaan yang cukup besar.

2. Bidang Medis

Kebutuhan dunia medis atau kedokteran di Indonesia akan pegawai tidak pernah habis seiring kebutuhan masyarakat akan pengobatan.  Profesi seperti dokter, perawat, ahli farmasi dan ahli laboratorium, apoteker merupakan profesi pekerjaan paling banyak dibutuhkan di Indonesia terutama di luar pulau Jawa.

Saat ini Indonesia membutuhkan banyak tenaga medis untuk memberi jaminan kesehatan bagi warga negara hingga ke pelosok-pelosok daerah. Tidak banyak dokter yang bersedia ditempatkan di daerah meski sebagian dari mereka lahir dan dibesarkan disana. Itu sebabnya pemerintah propinsi kemudian memberikan berbagai fasilitas seperti bea siswa kepada dokter untuk mengambil gelar spesialis di perguruan-perguruan tinggi dalam dan luar negeri dengan sistem ikatan dinas.

Jadi bisa dikatakan tidak ada profesi pada bidang medis yang tidak terserap. Bila kamu memang memiliki minat dan bakat untuk ambil bagian pada profesi pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan di Indonesia ini, segeralah putuskan untuk menjalani pendidikan di dunia medis ini.

3. Bidang Penerbangan

Dunia penerbangan yang berkembang pesat terutama akibat kebijakan pemerintah yang saat ini tengah membangun dan memutakhirkan sarana dan prasarana bandara sehingga diperkirakan dalam 3 tahun kedepan industri penerbangan akan semakin kekurangan tenaga kerja.

Bidang yang berkaitan dengan penerbangan diantaranya adalah Pilot, Pramugari, Manajemen bandara, Manajemen lalu lintas udara, teknisi pesawat dan bandara, staff di perusahaan penerbangan, perusahaan cargo, dan masih banyak lain-lain.

Tenaga kerja paling kurang pada bidang penerbangan adalah profesi pilot atau penerbang. Pilot merupakan salah satu profesi pekerjaan paling banyak dibutuhkan bukan hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Sekolah penerbang biayanya cukup tinggi, bahkan setelah lulus sekolah penerbang pun, seorang pilot masih harus sekolah lagi untuk mendapatkan sertifikasi jenis pesawat yang akan dikemudikan dengan biaya ratusan juta.

Saat ini Indonesia masih kekurangan sekolah penerbang. STPI Curug yang merupakan sekolah tinggi penerbang negeri hanya mampu mensuplai sekitar 24 orang penerbang setiap tahun padahal kebutuhan maskapai akan pilot terus meningkat dengan dibukanya jalur-jalur penerbangan baru.  Jumlah penerbang lulusan sekolah negeri itu pun masih harus dibagi dengan TNI karena sebagian siswa memilih untuk berkarir di TNI agar tidak perlu mengeluarkan biaya belajar menerbangkan pesawat besar. Lagipula seorang pilot TNI wajib militer yang kemudian berhenti dari TNI bisa langsung diserap oleh maskapai swasta dengan gaji yang besar karena mereka memiliki jam terbang tinggi.

Sekolah penerbang swasta yang jumlahnya tidak lebih dari 15 juga tidak bisa menjawab kebutuhan maskapai karena mereka kesulitan mendapatkan siswa yang mampu secara fisik,  intelegensi, dan bakat namun memiliki kemampuan untuk membayar biaya lebih dari 600 juta rupiah.

Jika kamu tertarik dan memiliki bakat pada profesi pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan di Indonesia ini, segeralah memperkaya pengetahuan tentang dunia penerbangan.

4. Bidang Perminyakan Dan Pertambangan

Profesi pekerjaan pada bidang perminyakan dan pertambangan sangat mudah diserap oleh lapangan kerja yang besar di Indonesia bahkan di negara Timur Tengah. Banyak ahli-ahli perminyakan Indonesia yang terserap oleh perusahaan dalam dan luar negeri.

Saat ini untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli perminyakan dan pertambangan, perusahaan minyak dan tambang banyak menggunakan tenaga ahli teknis bukan perminyakan dan pertambangan. Mereka dilatih dan diberi pendidikan terlebih dahulu sebelum terjun ke lapangan. Kebutuhan akan tenaga ahli dibidang ini akan terus meningkat sejalan dengan dibukanya banyak kilang dan tambang baru di Indonesia dan luar negeri.

5. Bidang Komunikasi Dan Komputer

Dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan komputer, kebutuhan tenaga kerja pada bidang ini terus meningkat. Perusahaan yang paling banyak membutuhkan tenaga kerja pada bidang ini diantaranya adalah perusahaan media sosial, penerbitan digital, dan pemasaran digital.

Selain itu, hampir semua perusahaan, pasti membutuhkan tenaga ahli komputer untuk mengembangkan aplikasi sistem dan memberi dukungan teknis pada keberlangsungan sistem informasi di perusahaan mereka.

Namun demikian, saat ini cukup banyak lulusan sekolah komputer yang tidak terserap atau tidak bersedia bekerja di perusahaan melainkan mengembangkan perusahaan sendiri atau menjadi freelance di perusahaan-perusahaan.

Demikian daftar profesi pekerjaan paling dibutuhkan di Indonesia untuk memudahkan kamu menjadi kaya di usia muda, apabila kamu menganggap artikel ini bermanfaat bagi teman atau kerabat silahkan bagikan melalui facebook, google+ atau twitter dengan mengklik icon yang terdapat dibawah artikel ini. Baca artikel kami : Profesi Dengan Gaji Tertinggi di Indonesia.

Dibagikan

Penulis :

You may also like