Profil 9 Istri Soekarno, Presiden Republik Indonesia Pertama

istri istri soekarno

Bung Karno atau Soekarno, merupakan presiden pertama Republik Indonesia, yang dikenal sebagai sosok pria karismatik. Penampilan beliau itu didukung oleh kecerdasan serta kemampuan menjalin komunikasi dengan berbagai kalangan sehingga membuat beliau diberi amanah oleh para pemuda pejuang saat itu untuk menjadi presiden, pemersatu, pemimpin negera Republik Indonesia. Namun bukan hanya itu, penampilan Soekarno yang tampan dan karismatik ini menyebabkan beliau memiliki 9 orang istri, mulai dari putri gurunya, ibu kost beliau saat sekolah tinggi di Bandung, hingga pelajar sekolah menengah. Siapa saja istri istri Soekarno yang mengisi pasang surut kehidupan beliau ? berikut ringkasannya :

Istri Istri Soekarno

1. Oetari Tjokroaminoto

Siti Oetari adalah istri pertama Soekarno yang dinikahi pada tahun 1921 di Surabaya. Oetari merupakan putri Hadji Oemar Said Tjokroaminoto, pemimpin Sarekat Islam, guru dari Soekarno di Sekolah Lanjutan Atas. Pernikahan Soekarno dengan Oetari berakhir saat Soekarno menempuh pendidikan tinggi THS (ITB) di Bandung.

2. Inggit Garnasih (17 Pebruari 1888 – 13 April 1984)

Wanita ini dinikahi Soekarno pada usia 31 tahun sementara Soekarno saat itu baru berusia 20 tahun.  Saat mereka saling mengenal, Inggit sudah memiliki suami, namun Soekarno berhasil mengambil hatinya lalu mereka menikah pada tahun 1923.

Pada tahun 1943, setelah 20 tahun mengarungi bahtera rumah tangga tanpa dikaruniai anak, Soekarno menceraikan Inggit karena tidak bersedia dimadu.

3. Fatmawati (5 Februari 1923  – 14 Mei 1980)

Wanita yang memiliki nama asli Fatimah ini adalah keluarga raja dari Kesultanan Indrapura, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Bertemu dengan Soekarno saat Presiden pertama RI ini dibuang ke Bengkulu. Hubungan Soekarno dengan Fatmawati ini membuat pernikahan Soekarno dengan Inggit berakhir pada tahun 1943 karena Inggit menolak poligami dan lebih memilih untuk pulang ke Bandung.

Soekarno kemudian menikahi Fatmawati pada tanggal 1 Juni 1943 yang baru genap berusia 20 tahun. Pernikahan Soekarno dengan Fatmawati dikaruniai 5 orang anak yaitu Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra.

4. Hartini (20 September 1924 – 12 Maret 2002)

Bertemu Soekarno pada tahun 1952, saat Soekarno dalam perjalanan menuju Yogyakarta dalam rangka peresmian Masjid Syuhada. Jatuh cinta pada pandangan pertama, beliau adalah janda beranak lima dari Suwondo yang menetap di Salatiga.

Setahun setelah pertemuan pertama mereka bertemu kembali di Candi Prambanan saat peresmian teater terbuka Ramayana. Pernikahan Soekarno dengan Hartini atas izin Fatmawati dilakukan pada tanggal 7 Juli 1953, di Istana Cipanas. Namun pernikahan mereka menuai protes organisasi-organisasi wanita anti poligami.

Dari pernikahan mereka kemudian lahir Bayu Soekarnoputra dan Taufan Soekarnoputra. Saat Soekarno wafat, Hartini masih menjadi istri Soekarno dan beliau adalah istri yang ada disamping Soekarno ketika itu.

5. Ratna Sari Dewi (6 Februari 1940)

Ratna Sari Dewi adalah wanita Jepang yang dinikahi Soekarno pada tahun 1962 sebagai istri kelima saat masih berusia 19 tahun. Nama aslinya adalah Naoko Nemoto, dilahirkan di Tokyo tahun 1940.  Menjelang berakhirnya kekuasaan Soekarno, Dewi meninggalkan Indonesia. Setelah lebih sepuluh tahun bermukim di Paris, sejak 1983 Dewi kembali ke Jakarta. Namun pada tahun 2008, beliau kembali ke Jepang dan menetap di Shibuya, Tokyo.

Hal kontroversial yang pernah dilakukan Ratna Sari Dewi adalah pertikaian dengan Minnie Osmena, cucu mantan presiden Filipina Sergio Osmena dan peluncuran buku Madamme De Syuga yang menampilkan foto-foto syur Ratna Sari Dewi sehingga dianggap sebagai pelecehan terhadap nama Soekarno.

Dari pernikahannya dengan Soekarno, Ratna Sari Dewi dikarunia anak bernama Kartika Sari Dewi Soekarno.

6. Haryati

Haryati adalah penari Istana sekaligus Staf Sekretaris Negara Bidang Kesenian yang dinikahi oleh Soekarno saat beliau berusia 23 tahun. Soekarno sendiri saat itu sudah berusia 62 tahun. Pernikahan Soekarno dengan Haryati berlangsung hanya 3 tahun tanpa memberikan keturunan. Soekarno kemudian menceraikan Haryati karena tidak ada kecocokan diantara keduanya.

7.  Kartini Manoppo

Kartini Manoppo merupakan istri ketujuh presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno. Wanita asal Bolaang Mongondow, Sulawesi, ini terlahir dari keluarga terhormat.

Bekas pramugari Garuda Indonesia ini bertemu Soekarno saat melihat lukisan Basuki Abdullah. Sejak saat itu Kartini selalu diminta oleh Soekarno untuk mendampingi beliau setiap kali ke luar negeri.

Kartini dan Soekarno menikah pada tahun 1959. Pernikahan mereka dikarunia seorang putra bernama Totok Suryawan Soekarno yang lahir pada tahun 1967.

8. Yurike Sanger

Istri kedelapan Soekarno, presiden Republik Indonesia yang pertama, ini dinikahi pada saat masih duduk di Sekolah Menengah. Yurike Sanger merupakan salah satu anggota Barisan Bhinneka Tunggal Ika untuk acara-acara Kenegaraan.

Benih cinta antara keduanya muncul sehingga pada tanggal 6 Agustus 1964, Soekarno melamar dan menikah secara Islam di rumah orang tua Yurike Sanger. Pada tahun 1968, pasca diturunkannya Soekarno dari jabatan presiden dan menjadi tahanan rumah, Beliau meminta Yurike Sanger untuk mengajukan cerai.

9. Heldy Djafar (11 Juni 1947)

Heldy Djafar adalah istri kesembilan Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia. Lahir di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur pada 11 Juni 1947, dari pasangan H. Djafar dan Hj. Hamiah.

Heldy Djafar dinikahi Soekarno pada tahun 1966, saat Soekarno berusia 65 tahun sementara Heldy Djafar masih berusia 18 tahun disaksikan oleh Idham Chalid dan Saifuddin Zuhri.

Situasi politik tidak menentu yang berakhir dengan ditahannya Soekarno di Wisma Yaso menyebabkan Heldy meminta cerai 2 tahun setelah pernikahan mereka.

Pada 19 Juni 1968, Heldy menikah lagi dengan Gusti Suriansyah Noor, keturunan Raja Banjar. Soekarno kemudian tutup usia pada tanggal 21 Juni 1970, dalam usia 69 tahun. Belakangan, satu dari enam orang anak Heldy Djafar, Maya Firanti Noor, menikah dengan Ari Sigit, cucu Presiden RI Soeharto. (Sumber : Wikipedia Indonesia)

Demikianlah secarik catatan sejarah tentang istri istri Soekarno, apabila terdapat kesalahan pada artikel ini mohon kiranya di email ke : [email protected] dengan subyek : istri istri Soekarno.

Jika ini bermanfaat bagi anda atau teman, mohon bagikan melalui facebook, twitter, google+ atau pinterest melalui ikon dibawah ini.

Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait