Cara Sukses Menulis Cerita Pendek

cara sukses menulis cerita pendek

Cerita pendek hanya berisi beberapa halaman, namun memiliki elemen kunci sama dengan novel, bagaimana cara sukses menulis cerita pendek ? apa kiat penulis cerita pendek sehingga mampu menyajikan cerita yang baik ?

Sukses Menulis Cerita Pendek

Mengembangkan unsur-unsur yang umum dengan cara singkat adalah tantangan bagi penulis cerita pendek, yang dibatasi oleh penerbit akan jumlah kata dalam setiap cerpennya, tidak seperti pada novel yang membebaskan penulis. Pada cerita pendek penulis harus mampu memperkenalkan karakter, menggambarkan pengaturan, mengatur inti konflik, memajukan plot, dan menyajikan tema hanya dengan beberapa baris kalimat.

Para penulis cerita pendek terkenal telah membuktikan bahwa menggabungkan semua unsur pada novel dalam sebuah cerita pendek bukanlah hal yang mustahil. Dengan banyak membaca cerita pendek, berlatih menulis serta mengikuti tips cara sukses menulis cerita pendek berikut, kita akan mampu meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek. Apa saja kiat cara sukses menulis cerita pendek ? berikut adalah yang perlu anda cermati :

cara sukses menulis cerita pendekKarakter

Karakter adalah orang atau makhluk yang terlibat dalam plot cerita. Pada cerita pendek, penulis harus menyampaikan kepribadian masing-masing karakter dengan deskripsi singkat dan dialog.

Tips : Pilih salah satu karakter utama dalam cerita anda. Gunakan penanda untuk menyorot bagian-bagian pada tulisan dimana karakter ini bertindak atau berbicara. Lalu baca dan apa yang telah disorot. Kaji kembali apakah dialog dan tindakan yang dilakukan sesuai dengan yang anda inginkan ? apakah ada konsistensi ucapan dan tindakan. Perbaikan dibutuhkan ada ucapan atau tindakan yang melemahkan karakter.

Dalam sebuah cerita, karakter sentral harus memiliki kedalaman. Dia adalah orang yang rumit. Untuk membuat karakter tampak nyata, penulis perlu menambah kompleksitas internal.

Pengaturan

Pengaturan karakter dalam waktu dan tempat seperti menentukan pakaian mereka, adat istiadat, dialog, dan keyakinan. Kondisi cuaca juga dapat dijadikan perangkat yang menyenangkan maupun tidak menyenangkan. Pengaturan bagaimana karakter menyikapi suatu kondisi, mengantisipasi suatu kejadian juga bisa digunakan untuk memperkuat cerita pendek misalnya saat karakter melihat teman kecelakan, menerobos hujan lebat, dan lain-lain.

Tips : Banyak penulis mengatakan bahwa pengaturan merupakan hal penting dalam menulis cerita pendek. Dan ini bisa dilakukan dengan cara membayangkan lokasi fisik, waktu serta kondisi yang terjadi saat itu.  Tuliskan tentang rasa, bau, tekstur, cuaca atau apapun yang ada dalam fikiran meski itu mungkin tidak relevan dengan cerita. Lalu tanyakan pada diri kita apa yang ingin kita harapkan untuk dirasakan oleh pembaca. Suasana hati yang dibangun dengan pengaturan yang baik akan mengikat karakter semakin kuat dan membuat pembaca hanyut dalam imajinasi yang sama dengan penulisnya.

cara menulis cerita pendekKonflik

Konflik adalah elemen yang paling kompleks dari suatu cerita pendek. Ini adalah tentang dua entitas dalam sebuah cerita. Kadang bisa berupa perjuangan karakter utama terhadap orang lain, masyarakat, keluarga, kekasih, lingkungan, atau bahkan terhadap alam.

Tips : Pastikan konflik memiliki tujuan yang tulus dan bergerak bersama cerita. Konflik yang dibuat-buat akan membosankan, dan bahkan menjengkelkan pembaca. Konsentrasi pada satu konflik. Terlalu banyak konflik akan mengubah cerita pendek anda menjadi novel.

Plot

Plot adalah rangkaian peristiwa yang terjadi dalam cerita. Dalam sebuah cerita pendek cinta, anda dapat mencakup begitu banyak tindakan. Seorang penulis terkenal memberikan saran untuk plot seperti dibawah ini.

Tips : Setiap kalimat harus melakukan salah satu dari dua hal yaitu mengungkapkan karakter atau memajukan tindakan.

Gunakan aturan ini tidak hanya saat menulis cerita, tetapi juga saat melakukan revisi. Baris demi baris, tanyakan pada diri anda jika kalimat memenuhi salah satu dari dua peran ini. Jika kalimat tertentu tidak memenuhi keduanya, putuskan apakah harus dihilangkan atau direvisi.

Tema

Pesan apa yang ingin kita sampaikan kepada pembaca ?. Tema adalah pesan yang ingin disampaikan. Kita boleh saja menulis cerita pendek tanpa satu pun pesan. Tapi cerita-cerita yang bagus dan dimuat diberbagai media dan teruji oleh waktu mengandung tema yang kuat.

Tips : Jangan katakan pesan secara langsung. Pembaca harus dapat membedakan tema dari cerita itu sendiri. Jika mereka tidak bisa, berarti tema anda tidak jelas.

penulis cerita pendekSeberapa besar cerita pendek mempengaruhi anda ?

Jika kita mempelajari beberapa contoh cerita, kita akan menemukan bahwa unsur-unsur dari setiap cerita yang bagus, panjang maupun pendek, adalah sama. Kita harus memiliki tema yang kuat, karakter yang berkembang dengan baik, pengaturan yang tepat, plot pusat, dan konflik besar.  Apabila kita mengikuti tips di atas untuk mengembangkan aspek-aspek penting dari cerita pendek, akan terlihat perbaikan yang nyata dalam kualitas cerita yang kita buat.

Bila cerita sudah selesai, pastikan untuk mengirim cerita kepada penerbit. Cara mengirimnya, silahkan klik disini.

Save

Dibagikan

Eirjaf Aedara

Penulis :

Artikel terkait