Tanda Tanda Suami Tidak Takut Istri

Suami tidak takut istri

Masih tentang tanda suami takut istri, artikel kali akan membahas bagaimana seorang lelaki selalu mengiyakan, membenarkan atau menyetujui segala ucapan istrinya. Apakah memang demikian ? Apakah hal tersebut bukan karena dia menyayangi istrinya ? Mari simak artikel berikut.

Apa saja tanda suami takut istri ?

Entah anda sedang merasakan hal demikian, mengalami atau sekedar mencari tahu apa saja tanda seorang lelaki dikatakan takut istri, masalah satu ini memang selalu menarik dalam menjalani kehidupan berumah-tangga. Sejatinya seorang lelaki adalah kepala rumah tangga, pemimpin, akan tetapi kenyataannya banyak diantara mereka disadari atau tidak justru berada di bawah kendali istrinya.

Meski tidak ada lelaki mau mengakui, rasa takut pada istri bisa terlihat dari sikap seseorang. Menurut beberapa orang, tanda – tanda nyata dari seorang suami takut pada istrinya dapat dilihat oleh rekan – rekannya, teman  atau kerabat dari beberapa kejadian misalnya : 1) Selalu setuju atau membenarkan perkataan atau keputusan istrinya, 2) Tidak mampu mengemukakan pendapatnya sendiri, 3) Pergaulannya dibatasi oleh istri, 4) Selalu menuruti permintaan istrinya, 5) Mengerjakan pekerjaan rumah atau 6) Selalu berusaha mencari kegiatan di luar atau malas berada di rumah.

Akan tetapi pertanyaannya adalah apakah semua tanda tersebut pasti menunjukan seorang lelaki takut pada istrinya ? Kami mencoba mencari jawaban atas pertanyaan tersebut dan hasilnya menunjukan bahwa apa yang dikemukakan orang tidak sepenuhnya benar.

Kalau lelaki selalu setuju atau membenarkan pendapat istri belum tentu dia takut pada istri

Beberapa pakar mengatakan, semakin dewasa usia seseorang, umumnya sikap yang ditunjukan juga semakin bijak. Kebijakan tersebut, membuat sebagian lelaki yang telah merasakan manis pahitnya kehidupan rumah tangga memilih untuk mengikuti pendapat istrinya untuk masalah-masalah tertentu karena mereka merasa bahwa istrinya selalu berusaha melindunginya dari masalah. Pertimbangan lelaki lebih banyak menggunakan logika, sementara wanita lebih menggunakan nalurinya. Ketika logikanya kemudian lebih sering bersentuhan dengan naluri dan dia mendapati ternyata naluri istrinya selalu beralasan, maka perlahan tapi pasti dia akan dapat menerima semua pendapat atau keputusan istrinya dalam hal – hal tertentu.

Akan tetapi ketika sikap membenarkan atau menyetujui tersebut sudah meliputi seluruh aspek kehidupan maka baru bisa dimungkinkan bahwa dirinya tunduk atau takut kepada istrinya. Sangat sedikit orang bersikap demikian, kalaupun terjadi maka biasanya dia memiliki suatu kelemahan sehingga merasa pendapat atau saran istrinya perlu diikuti.

Apakah tidak mampu mengemukakan pendapat sendiri bisa dianggap suami takut istri ?

Seorang lelaki bila tidak mampu mengemukakan pendapat sendiri belum tentu termasuk kelompok suami takut istri. Bisa jadi latar belakang kehidupan pribadi, keluarga atau sosialnya membentuk dirinya menjadi demikian. Kenyataannya tidak ada orang tidak mampu mengemukakan pendapat, setidak mampunya atau sekecil apapun perannya dia pasti mengemukakan pendapatnya dalam secara langsung maupun tidak langsung.

Bila membatasi pergaulan belum tentu karena istrinya, bisa jadi dirinya sendiri berkehendak

Apabila seorang lelaki telah menikah, baru atau sudah lama, membatasi pergaulannya tidak harus hal tersebut disebabkan oleh larangan istrinya. Beberapa orang yang kami temui mengatakan bahwa mereka menjadikan istrinya alasan untuk tidak terlibat dalam pergaulan yang menurutnya tidak (lagi) bermanfaat. Mereka suami tidak takut istri tapi selalu menggunakan istrinya sebagai alasan. Jadi siapa patut dipersalahkan ?

Bukankah lelaki yang menuruti keinginan istrinya adalah bukti hatinya sangat menyayangi ?
Menuruti keinginan istri bukanlah indikator seseorang bisa dikategorikan takut istri. Siapapun bila menyayangi seseorang akan selalu berusaha memenuhi keinginan orang disayangnya. Jadi perlu dilihat kembali apakah hal tersebut dilakukan tanpa mempertimbangkan keinginan baik atau buruk, mungkin atau tidak mungkin dipenuhi ? Bila apa dilakukannya masih dalam koridor sebuah bentuk rasa sayang, rasa cinta atau peduli sudah sepantasnya dia mendapat julukan suami tidak takut istri atau suami sayang istri.

Faktanya lelaki rajin senang mengerjakan pekerjaan rumah pada saat libur

Hasil survey terhadap 500 orang pekerja dari berbagai bidang pekerjaan di beberapa perusahaan dengan melibatkan atasannya mengatakan, lelaki yang rajin bekerja di kantor tidak suka berdiam diri saat libur di rumah. Selalu ada sesuatu mereka kerjakan entah memperbaiki sesuatu atau sekedar membersihkan rumah bahkan ada yang memasak untuk makan siang atau makan malam keluarga.  Hal tersebut mereka lakukan bukan atas permintaan atau perintah istri melainkan atas kehendak sendiri.

Selalu berusaha mencari kegiatan di luar rumah bukan berarti lelaki tidak betah di rumah

Seorang lelaki pekerja keras akan lebih banyak menghabiskan waktunya di tempat pekerjaan dibanding di rumah. Apakah kemudian hal tersebut dikatakan dia bisa dikatakan suami takut istri ? kami rasa tidak. Malah sebaliknya kami menyangka istrinya takut pada suami sehingga tidak berani meminta waktu liburnya untuk keluarga.

Jadi lelaki manakah anda atau pasangan anda ? suami tidak takut istri atau suami takut istri ?

Dalam kehidupan berkeluarga tidaklah baik menganggap diri tertekan atau terabaikan oleh pasangan. Hubungan seimbang saling menghargai, saling menghormati peran masing-masing akan membuat hubungan rumah tangga tetap harmonis hingga usia senja. Jangan pernah merasa anda takut pada istri, juga jangan pernah membuat istri menjadi takut kepada anda. Tetaplah menjaga hubungan baik apapun dikatakan orang terhadap anda maupun terhadap pasangan anda.

Sebagai orang luar, sekalipun anda adalah sahabat, rekan atau keluarga mereka jangan pernah memvonis seseorang sebagai suami takut istri karena mereka yang menjalani dan mengetahui kehidupannya sementara anda hanya bisa melihat sesekali dari luar. Selain itu pertimbangkanlah dampaknya bagi keluarga orang, karena lelaki mudah terpancing ketika diremehkan dengan julukan suami takut istri.

Demikian artikel dari kami semoga bermanfaat.

Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait