Tanda Tak Dapat Disangkal Bahwa Kamu Orang Sinis

tanda orang sinis

Sebagian ahli berpendapat sulit bagi sebagian orang untuk tidak menjadi sinis atau setidaknya menjadi lebih sinis seiring dengan usia bertambah. Kepercayaan pada kebaikan orang, kebaikan manusia dan dunia akan terkikis dari waktu ke waktu akibat pengalaman atau penglihatan yang kadang-kadang terjadi. Pada titik tertentu, Anda … melihat beberapa hal. Keyakinan Anda dalam kebaikan orang / manusia / dunia menjadi terkikis dari waktu ke waktu, karena macam mengerikan hal yang Anda lihat terjadi kadang-kadang. Hal tersebut membuat orang menjadi lebih hati-hati bahkan mungkin berhenti untuk menerima sesuatu secara utuh. Pada saat itulah seseorang mungkin akan mulai mengalami kesulitan bersosialisasi dan susah tersenyum. Memandang dengan tatapan sinis, bahkan pada keadaan lebih parah bisa membuat orang sinis mulai sering mengucapkan kata kata sindiran.

Tanda Kamu Menjadi Orang Sinis

Sinisme dapat perlahan menyelinap, bahkan serta-merta masuk, dalam diri kita. Hal tersebut penting untuk disadari agar tidak mengubah diri kita menjadi nenek sihir bawel yang menyebalkan.

Pada hakikatnya setiap manusia ingin merasa bahagia, tersenyum dan tertawa. Disinilah pentingnya untuk mengenali perubahan prilaku diri sendiri agar tidak menjadi sinis terhadap hal-hal kecil yang dilakukan orang lain atau sinis terhadap perlakuan orang terhadap kita.

Untuk tidak menjadi sinis, anda harus mampu meyakini bahwa saat seorang pelayan restoran membukakan pintu dan mengucapkan kata “Selamat Malam” adalah karena mereka bersikap sopan, bukan karena menyimpan sesuatu rencana agar anda rela menghabiskan lebih banyak uang disana. Kita harus yakin bahwa teman, anak atau kerabat tidak memiliki niat terselubung saat menghubungi atau berkunjung pada anda.

Nah sobat Bisfreners, untuk mengetahui apakah anda sudah mencapai titik dimana hidup anda menjadi lebih sinis, berikut adalah tanda-tanda seseorang mulai menjadi sinis atau tanda sinis.

Anda mulai membanding-bandingkan seseorang dengan orang lainnya

Setiap orang mungkin memiliki teman dekat, kerabat, dan sahabat. Semua teman tampak sama dan biasa-biasa dalam mengisi kehidupan kita. Masing – masing memiliki kelebihan serta kekurangan namun semuanya mampu saling mengisi dengan kita. Akan tetapi setelah sekian lama berhubungan baik dengan mereka tanpa masalah, kemudian hati anda mulai membanding-bandingkan bahwa si A lebih baik dari B, si C kurang baik dibanding A, maka hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa anda mulai mencapai titik sinisme.

Bila tanda orang sinis mulai terjadi pada kita, maka sebaiknya hindari untuk berharap sesuatu secara berlebihan dari seseorang. Tetap merasa puas pada apa yang bisa diberikan / dilakukan semua orang kepada kita sehingga tidak perlu membanding-bandingkan satu dengan lainnya.

Nada bicara atau SMS sarkastik merupakan tanda sinis

Kita mulai bersahabat dengan sinisme dalam hidup apabila selalu menjawab pertanyaan dengan sarkasme dibanding kesabaran dan ketulusan. Bila hal tersebut berlangsung terus menerus maka dia akan berubah menjadi orang sangat sinis. Orang sangat sinis akan mengalami kesulitan untuk berbicara serius atau diajak membahas sesuatu secara serius karena kamus bahasa yang dikenalnya hanya berisi sarkasme.

Kamu mulai membenci foto-foto lucu yang diposting teman pada media sosial atau dikirimkan kepada anda

Foto-foto masa kecil, bayi, kejadian-kejadian lucu pada kita dimasa lalu merupakan hal menyenangkan, memberi hiburan bahkan menimbulkan kelucuan jika diposting ke media sosial. Namun apabila kelucuan tersebut seringkali atau bahkan selalu membuat kita ingin menghapusnya, maka berhati-hatilah karena dalam pikiran kita mulai terdapat noktah hitam yang membuat kita menjadi orang sinis dalam menanggapi sesuatu.

Kamu kerap berpikir pujian dari seseorang adalah kepalsuan

Setiap orang ingin dipuji, begitu juga anda. Akan tetapi ketika pujian dari orang, baik itu teman atau saudara, membuat mata kamu berputar dan mencari ketidak-tulusan ucapannya, mungkin kamu perlu mengintrospeksi diri. Sebagian dari pujian kenyataannya memang merupakan basi-basi, tapi tidak semua. Memuji merupakan salah satu cara untuk membahagiakan orang lain. Ketika hal tersebut tidak membuat kamu merasa bahagia, atau setidaknya terhibur, maka yang harus diperbaiki adalah diri kamu, bukan teman kamu.

Ingatlah, meskipun sebagian pujian adalah basa-basi atau kepalsuan, niat seseorang memuji adalah untuk membuat orang merasa bahagia. Jadi pandai-pandailah membedakan sebuah pujian tulus dengan pujian terselubung, jangan langsung memvonis pujian dari orang terdekat memiliki maksud tersembunyi apalagi jika diucapkan oleh teman dekat dan saudara.

Sikap sinis membuat orang berpikir setiap pujian adalah kepalsuan atau basa-basi

Anda selalu yakin orang menginginkan sesuatu dari anda

Setiap kali orang datang, menyapa, bertanya, memberi hadiah, atau berbuat baik pada kamu, segera saja dalam pikiran muncul pertanyaan, apa yang dia inginkan ? Apa keperluannya ? Pengalaman hidup memang memperlihatkan sebagian peristiwa terlihat demikian. Akan tetapi tidak semua. Kita tidak bisa meyakini seseorang menghubungi kita karena memiliki keinginan sesuatu dari kita. Apabila sikap demikian sering berlangsung, maka waspadalah pada sinisme. Bila telah mencapai titik sinis, seseorang akan selalu merasa orang lain memiliki kepentingan pada dirinya.

Quote kata bijak mutiara : Orang sinis selalu merasa orang lain memiliki kepentingan atas dirinya

Mulai meragukan keyakinan pada kebahagiaan cinta

Saat muda, mungkin anda percaya cinta adalah semua yang kita butuhkan, kebahagiaan cinta abadi selamanya. Kemudian terjadi satu atau lebih peristiwa dimana kamu merasa kecewa, patah hati, atau sakit hati. Lalu anda mulai mengevaluasi keyakinan dan mulai berpikir bahwa segala sesuatu harus berakhir pada satu titik atau harus memulai dari awal lagi.

Mungkin cinta memang tidak memberi bahagia yang abadi, tapi mungkin juga dia bisa memberi kebahagian. Sama seperti banyak hal dengan segala kemungkinan. Kita tidak bisa memprediksi masa depan hanya karena pengalaman atas peristiwa, kita hanya mampu berusaha mengendalikannya agar menjadi seperti keinginan atau impian.

Quotes kata bijak : Cinta mungkin tidak memberi kebahagian abadi, tetapi cinta juga mungkin bisa memberikan kebahagian abadi

Ketika sinisme demikian muncul dalam sikap maupun perbuatan, mulailah berusaha untuk kembali meyakini kebahagian abadi hubungan cinta.

Tidak lagi berusaha romantis

Hidup mengajarkan kamu untuk merencanakan dan menjalani segala sesuatu dengan sempurna. Akan tetapi perlu diketahui bahwa perencanaan sedemikian baik kadang tidak memberi hasil sebagaimana diharapkan. Selalu ada kemungkinan “sesuatu” membuatnya menjadi tidak berjalan lancar.

Selalu berusaha untuk romantis pada pasangan akan menghindarkan kita dari kecurigaan serta sinisme berlebihan. Akan tetapi romantisme dalam hidup bukan melulu dalam kaitan hubungan dengan pacar atau pasangan. Bersikap romantis juga diperlukan pada kondisi yang terjadi dan orang-orang disekitar.  Melihat segala sesuatu sebagai sebuah keindahan dengan rasa bahagia akan menghindari kita dari sikap sinis dan membuat lebih optimis dalam menghadapi setiap tantangan.

Memadukan sinisme, romantisme dan impian dalam takaran tepat dapat membuat kita lebih realistis dalam mewujudkan harapan dan menentukan prioritas.

Kamu selalu memikirkan dan mempersiapkan kemungkinan buruk

Seorang mulai memasuki titik sinis jika dia selalu memikirkan dan mempersiapkan kemungkinan buruk. Dia ingin sesuatu berjalan sesuai kehendaknya sehingga ketika sesuatu terjadi dia akan memandangnya sebagai ancaman, kemudian melakukan berbagai antisipasi, meskipun diluar rencananya semula.

Setiap peristiwa pasti ada hikmahnya, tidak semua kejadian merugikan atau merusak rencana, dan tidak semua rencana memberi hasil sempurna. Kadang sebuah kejadian yang tak pernah terpikirkan merupakan pembuka jalan menuju kesuksesan.

Tatapan sinis dapat memicu berakhirnya hubungan

Sobat Bisfreners, meski sama-sama menggunakan kata sinis, orang dengan tatapan sinis tidak harus orang sinis. Sebuah kejadian atau perkataan bisa membuat seseorang menatap sinis atau memperlihatkan tatapan mata sinis. Jadi jangan cepat mem-vonis teman atau pacar adalah orang sinis. Yang dimaksud dalam artikel ini adalah apabila sinisme tersebut berlangsung sering dan nyaris dilakukannya kepada semua orang.

Dalam sebuah hubungan, pandangan sinis sering kali menjadi pemicu perpisahan. Seseorang dengan perasaan peka bisa merasa sangat tersinggung ketika maksud baiknya disambut dengan tatapan atau pandangan sinis apalagi jika kemudian ditambahkan dengan kata kata sinis. Oleh karena itu, jagalah sikap kita agar tidak memperlihatkan tatapan sinis kepada teman atau orang yang tulus.

Jadi sobat Bisfreners, agar terhindar dari sinisme berlebihan, janganlah selalu menilai buruk keadaan dan jangan menilai seseorang memiliki niat tersembunyi. Salam sukses.

Dibagikan

Nissa Fatima

Penulis :

Artikel terkait