Walet Kabur Dari Sarang Budidaya – Apa dan Mengapa

walet kabur dari sarang budidaya

Walet adalah burung yang sangat sensitif akan tempat tinggalnya. Mengetahui mengapa walet kabur dari sarang budidaya adalah salah satu hal perlu diketahui oleh petani sebelum memulai usaha pada bidang ini.

Salah satu tantangan bagi petani burung walet adalah menjaga walet tetap kembali ke sarang setiap petang usai mereka menjelajah angkasa mencari makan. Bukan hanya berharap burungnya kembali, kalau perlu burung walet dari sarang lain kabur lalu masuk dan bersarang di rumah walet mereka.

Ini adalah masalah serius ketika walet kabur dari sarang kemudian hijrah berkelompok dari satu bangunan ke bangunan sarang lainnya milik dari petani lain. Tidak mustahil bisa terjadi pertengkaran akan penyebab walet kabur meski jarak antar bangunan budidaya sarang walet  berjauhan.

Habitat Rumah Alami Walet

Secara alami, walet bersarang di gua-gua lembab, kotor dan menjadi habitat menyenangkan bagi milyaran bakteri. Mereka menyukai hal ini bahkan tidak segan walet melakukan perjalanan jauh untuk mencari lokasi sarang baru menuruti insting mereka akan lingkungan dibutuhkan. Jadi bila berbicara mengapa walet kabur dari sarang budidaya, adalah hal terpenting untuk mencatat hal tersebut.

Walet juga menyukai bangunan-bangunan kosong tidak berpenghuni bila bangunan itu sesuai dengan kebutuhan mereka untuk berkembang biak serta lingkungan sekitarnya menyediakan  serangga, makanan sehat bergizi bagi walet, cukup bagi mereka untuk tidak kabur. Hal ini merupakan sesuatu yang perlu diketahui petani walet untuk menjawab pertanyaan mengapa walet kabur dari sarang budidaya sehingga petani gagal panen sarang burung walet.

Karakteristik Walet

Burung walet, sama seperti beberapa jenis binatang lainnya, memiliki daya ingat sangat kuat mengenai posisi dengan memanfaatkan cahaya dan sudut cahaya matahari, lokasi benda-benda disekitar, serta suara sebagai navigasi. Hal ini menyebabkan mereka mampu kembali ke sarang dengan cepat, terbang pada kecepatan tinggi, meliuk-liuk tanpa menabrak benda apapun bahkan menghindar dari benda bergerak seperti mobil atau motor.

Ketika walet kabur dari sarang budidaya, masalah navigasi ini juga merupakan salah satu hal perlu diperhatikan.

Mengapa Walet Kabur Dari Sarang Budidaya

Walet membutuhkan lingkungan yang stabil. Ketika terjadi perubahan pada bangunan tempat dimana mereka bersarang, akibat renovasi atau penambahan beberapa sekat yang dimaksudkan untuk menjadi tempat walet meletakkan sarang burung, maka dapat terjadi dari kondisi dimana walet merasa bingung dengan posisi barunya.

Bila perubahan pada bangunan ini tidak bisa ditolerir oleh insting walet, dimana mereka menganggapnya bahwa bangunan yang dimasuki bukanlah tempat mereka, maka kemungkinan yang terjadi adalah mereka akan kabur dan hijrah mencari bangunan lain yang baru. Namun jika perubahan masih dalam ambang yang bisa ditolerir, maka mereka akan tetap disana tidak kabur.

Kasus paling fatal dari renovasi adalah perubahan pada void sarang. Hilangnya jalan masuk yang biasa dilewati walet bisa menyebabkan walet bingung dan menganggap bahwa mereka telah tersesat, bukan kabur. Jadi sebelum melakukan perubahan pada bangunan, sebaiknya petani berkonsultasi kepada orang yang ahli atau penyuluh agar tidak terjadi walet kabur dari sarang budidaya.

Dibagikan

Nissa Fatima

Penulis :

Artikel terkait