Walet Tidak Mau Membuat Sarang – Mengapa @Budidaya

walet tidak mau membuat sarang

Sama seperti halnya pada budidaya lain, budidaya walet memiliki kendala untuk dihadapi misalnya kasus burung walet tidak mau membuat sarang. Mereka mau memasuki bangunan sarang budidaya tetapi tidak mau tinggal dan membuat sarang di dalamnya. Walet seperti ini biasa dikenal dengan istilah walet tamu, mereka datang lalu pergi lagi.

Walet tidak mau membuat sarang

Saat mengunjungi bangunan sarang Walet yang sudah dipersiapkan, walet tamu sebenarnya memiliki keinginan untuk bersarang disana, namun karena kondisi lingkungan tidak sesuai atau tidak layak dengan lingkungan yang diinginkan, dia membatalkan niatnya, tidak mau membuat sarang, meskipun petani sudah mempersiapkan segala sesuatunya.

Untuk menarik minat walet membuat sarang beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah :

  • Lokasi bangunan tidak tepat
  • Pengaturan suara pemanggil walet tidak pas
  • Posisi lampu pada void kurang tepat
  • Jumlah sekat kurang banyak atau terlalu rapat

Segala aspek diatas perlu disesuaikan sehingga bangunan menjadi rumah idaman bagi walet lama sudah tinggal maupun walet baru menjadi nyaman dan merasa betah di rumah yang dipersiapkan.

Hal tidak kalah penting adalah untuk mencatat segala aktifitas perubahan atau penyesuaian atas segala hal yang dilakukan serta efeknya untuk memudahkan bila kelak akan melakukan hal sama pada bangunan.

Bila tujuan mengundang walet bersarang sudah tercapai sebaiknya jangan lakukan banyak perubahan selama beberapa lama karena bisa menyebabkan walet menjadi bingung dan meninggalkan bangunan.

Dibagikan

Nissa Fatima

Penulis :

Artikel terkait