Wirausaha Budidaya Bekicot Di Pekarangan Rumah

wirausaha budidaya bekicot

Bekicot alias keong (betawi, red) merupakan hewan dengan cita rasa khas bahkan memiliki banyak manfaat kesehatan. Tidak sedikit rumah makan Jepang maupun China menyajikan menu dari bahan daging bekicot. Sementara wirausaha kecil dan menengah mengolah bekicot menjadi berbagai krupuk atau sate bekicot yang mampu terserap pasar dengan baik. Bisnis budidaya bekicot merupakan peluang usaha menarik karena masih minimnya persaingan. Padahal bekicot bukan hanya dapat dipasarkan di dalam negeri melainkan juga bagi kebutuhan ekspor ke manca negara.

Cara memulai usaha budidaya bekicot

Potensi peluang usaha sangat menggiurkan dari bekicot atau Achatina Fulica tentunya membuat sebagian wirausahawan maupun mereka yang ingin mencoba melakukan usaha melihatnya sebagai sebuah kesempatan. Jika dikelola dengan benar, bekicot sangat menguntungkan. Bahkan budidaya bekicot tidak membutuhkan lahan luas serta modal besar untuk memulainya.

Untuk memulai usaha peternakan bekicot, pertama harus dipersiapkan adalah kandang. Kandang harus dibangun pada tanah kering,  memiliki kelembaban udara cukup tinggi dan teduh. Agar hewan dapat berkembang biak dengan baik,  suhu udara harus dijaga pada 25 – 30 derajat.

Bekicot menyukai lingkungan teduh, lembab dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Peternakan masih bisa dilakukan di pinggiran Jakarta. Akan tetapi dia lebih menyukai tanah dengan kandungan kapur cukup tinggi agar mempercepat pertumbuhan cangkang.

Sobat Bisfreners, bila kamu ingin mengetahui apa saja harus dipersiapkan, silahkan baca bagian berikut.

Cara membuat kandang bekicot

Kandang bekicot dapat dibuat dengan menggunakan kotak kayu, semen atau galian tanah. Kita bisa membuatnya diatas tanah atau dalam lubang. Ukuran kandang paling ideal adalah 1 meter lebar x 1 meter panjang dan 1 meter tinggi. Pada bagian atas kandang harus dipasang tutup terbuat dari kawat kasa agar ternak tidak melarikan diri sekaligus menghalangi sinar matahari secara langsung.

Apabila kandang terbuat dari semen atau kayu, pada dasar kandang sebaiknya diberikan lapisan tanah setinggi 30 cm dengan kandungan cacing guna menjaga kelembaban. Akan tetapi bila memilih membuat lubang tanah sebagai kandang, pilihlah lokasi agak kering dan akan lebih baik jika berada dibawah pohon rindang.

Cara memilih bibit bekicot peliharaan

Ada dua jenis bekicot untuk budidaya yaitu spesies Achatina Fulica dan Achatina Variegata. Keduanya dapat diperoleh langsung dari alam secara mudah. Meskipun kita tinggal di kota-kota besar di Indonesia, iklim tropis memudahkan hewan berkembang biak. Untuk lingkungan perkotaan, kita dapat menjumpainya pada tempat-tempat dekat dengan sungai atau pemakaman umum. Sementara di pinggir kota atau pedesaan dimana lingkungan masih sangat asri dan banyak tanah kosong lembab, ternak dapat ditemukan disana.

Bibit bekicot berkualitas baik serta sehat ukurannya besar, tidak memiliki cacat serta memiliki kulit berkilat. Berat ternak dengan kriteria tersebut biasanya pada kisaran 75 – 100 gram per ekor. Pemilihan induk diperlukan untuk menghasilkan hewan – hewan sehat dalam jumlah banyak.

Dalam memilih bibit, tidak perlu khawatir akan jenis kelamin ternak karena bekicot adalah hewan hermaprodite. Mereka memiliki jenis kelamin ganda, bisa menjadi jantan maupun betina.

Cara memberi pakan ternak

budidaya bekicot makan puing
Bekicot makan kapur dan puing bangunan

Bekicot menyukai daun-daun kering, sisa-sisa sayuran serta tunas muda. Semuanya mudah didapatkan nyaris tanpa biaya kecuali bila memelihara dalam jumlah banyak sehingga kebutuhannya besar. Bagi anda yang tinggal dekat pasar, sisa-sisa sayuran merupakan pakan gratis bagi hewan peliharaan anda.

pakan bekicot dari sampah sayuran di pasar
Sampah sayuran

Bekicot tak perlu diberi makan setiap hari. Kita dapat mengaturnya sesuai waktu dimana kita memiliki kesempatan. Hanya saja pertumbuhan ternak kurang makan lebih kecil kurus. Untuk kebutuhan mereka membentuk cangkang, dalam kandang harus disediakan pula kapur, pecahan batu bata, puing-puing bangunan yang dihaluskan serta kompos.

Cara berkembang biak bekicot

Pada usia enam hingga tujuh bulan, ternak biasanya mulai kawin apabila mereka merasa kandang nyaman. Bila saatnya tiba untuk kawin, ternak akan mencari tempat lebih aman biasanya pada sudut-sudut kandang untuk kawin. Mereka bertelur pada sembarang tempat. Jumlah telur bekicot pada musim kawin bisa mencapai 50 hingga 100 butir tergantung kesuburan serta kesehatannya.  Selama masa kawin, sebaiknya pasokan makanan jangan terlalu berlebih namun cukup untuk kebutuhan ternak.

Cara pembesaran

Telur – telur berukuran 2 mm akan menetas sendiri tanpa dierami. Untuk dapat dipanen, kita harus menunggu mereka menjadi cukup besar selama 5 – 6 bulan ke depan. Selama masa tersebut disebut dengan masa pembesaran.

Pembesaran sebaiknya dilakukan pada kandang terpisah setelah putra-putri bekicot berusia 1 sampai 2 minggu. Pembesaran ternak dimulai dengan cara memindahkan anak-anak dari kandang penetasan ke dalam kandang pembesaran. Perlu diingat bahwa cangkang bayi ternak masih rapuh sehingga proses cara pemindahan harus dilakukan hati-hati. Kedua, dinding kandang pembesaran anak bekicot harus diberi vaselin agar mereka tidak melarikan diri.

Cara pemasaran bekicot

wirausaha sate bekicot
Sate bekicot

Ada dua cara pemasaran bekicot yaitu dalam bentuk segar atau masih hidup, dan dalam bentuk olahan siap santap. Ternak  segar dijual dalam keranjang atau boks yang diberi sekat-sekat bertingkat untuk melindungi cangkang bekicot. Penjualan dalam bentuk segar dilakukan ke rumah-rumah makan atau tempat pengolahan. Sebelum menjual dalam bentuk segar pastikan bekicot tidak diberi makan selama 2 – 3 hari agar kotoran dalam tubuh mereka terbuang.

wirausaha keripik bekicot
Keripik bekicot

Cara kedua adalah dalam bentuk olahan. Cara ini lebih memberikan keuntungan dibanding cara pertama akan tetapi tentu saja membutuhkan modal, waktu serta tenaga lebih banyak. Ternak bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti sate bekicot, namun di Indonesia yang cukup dikenal adalah keripik bekicot.

Dibagikan

Penulis :

You may also like

1 Comment