Ini Dia Kuliner Khas Kota Manado Yang Wajib Anda Cicipi Saat Berlibur Kesini

wisata kuliner manado, ikan bunaken sambal dabu dabu

Wisata Kuliner Manado.  Kota Manado atau populer disebut Menado merupakan ibukota dari provinsi Sulawesi Utara. Berdasarkan catatan sejarah, kota Manado telah berkembang pesat sejak abad ke-16 dan merupakan pengembangan dari kerajaan Pogidon di Sulawesi. Kata Manado sebenarnya diambil dari nama sebuah pulau kecil berlokasi di dekat Bunaken untuk menggantikan nama kerajaan Pogidon.

Manado mengandung makna khusus menurut bahasa setempat adalah “di / dari jauh”. Sejak zaman dahulu, kota tua Manado banyak disinggahi oleh orang asing untuk kepentingan dagang karena kota ini terkenal mempunyai hasil bumi berlimpah sangat menggiurkan.

Maka dari itu, kota Manado menjadi salah satu daerah strategis persinggahan warga Belanda untuk menuju keluar dari Indonesia pada masa penjajahan. Selain kaya akan hasil bumi, kota Manado juga menyimpan aset wisata menarik untuk dinikmati oleh wisatawan domestik maupun turis mancanegara. Tempat wisata tersebut ada berupa pemandangan alam, bahari atau kebudayaan lokal unik dan wisata kuliner Manado.

Tempat wisata tersohor di Manado antara lain pantai Bunaken dengan taman baharinya, danau Tondano, Kelenteng Ban Kin Hiong sebagai bukti dari kebudayaan Cina pada jaman dulu kala, Taman Purbakala Waruga Sawangan, dan kebudayaan Minahasa yang terkenal di dunia.

Berkunjung ke Manado memang wajib buat anda lakukan agar anda tidak rugi karena terdapat pariwisata bahari dengan latarbelakang pesona alam natural nan cantik, wisata sejarah Manado, serta wisata budaya Manado akan menjadi memori paling indah buat dikenal oleh semua wisatawan pernah berkunjung kesini.

Wisata Kuliner Manado

Makanan tradisional kota Manado wajib untuk anda cicipi, diantaranya tinutuan, nasi kuning, pangi, saut, tinoransak, kawok, paniki, serta banyak lagi lainnya. Makanan Manado ini dari sisi penampilan juga rasa adalah berbeda jauh dari makanan khas orang Jawa atau orang Bali. Kuliner khas kota Manado biasanya terbuat dari bahan – bahan sayur serta ikan laut, mengingat daerah Manado sangat dekat dengan pantai sehingga penduduk disini kebanyakan berprofesi sebagai nelayan yang setiap hari pekerjaannya menangkap ikan di laut lepas dengan hasil berlimpah sehingga harga ikan laut disini sangat murah.

Apakah anda ingin tahu apa saja masakan khas kota Manado ?

Saat anda akan berwisata ke Sulawesi Utara, tentu anda akan merasa kurang puas hanya dengan melihat – lihat saja pemandangan alam disana baik itu berupa alam pegunungan, danau serta sungai di kaki bukit, area persawahan dan perkebunan, atau wisata bahari, melainkan juga anda bisa menikmati wisata kuliner khas daerah ini yang berasa luarbiasa. Kota Manado mempunyai kuliner khas hingga saat ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan dalam maupun mancanegara untuk berkunjung. Rasa kuliner di kota ini sangat lengkap, rata – rata berasa sangat pedas, asam, asin, manis, dan lain – lainnya.

Penasaran dengan kuliner disini ? Anda bisa mencoba membuat salah satu diantaranya di rumah, dimana kami akan memberikan cara termudah membuatnya dirangkum dari berbaga sumber :

Ikan Tude Bakar Sambal Dabu – Dabu

ikan tude bakar sambal dabu dabu wisata kuliner kota Manado
Ikan tude bakar sambal dabu dabu kuliner khas wisata Manado

Bahan – bahan yang disiapkan adalah :

  • 5 ekor ikan tude, ukuran sedang
  • 2 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 15 buah cabai merah keriting
  • 2 cm jahe
  • 5 butir bawang merah
  • 2,5 sdt garam serta sedikit penyedap rasa
  • 2 sdm minyak goreng
  • 10 lembar daun jeruk nipis
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan

Sambal dabu – dabu, campur menjadi satu :

  • 10 buah cabai rawit merah, iris 1/2  cm
  • 5 buah cabai merah keriting, iris 1/2  cm
  • 4 butir bawang merah, potong – potong
  • 1 buah tomat merah ukuran sedang, potong dadu 1/2 cm
  • 3 buah jeruk limau, ambil airnya
  • 1/2 sdt garam juga sedikit penyedap rasa

Cara membuat adalah :

Tumbuk kasar cabai merah keriting, jahe, bawang merah, penyedap rasa serta garam. Panaskan 2 sdm minyak di atas api sedang, tumis bumbu yang sudah ditumbuk, tambahkan daun jeruk, juga serai lalu aduk – aduk hingga harum dan matang. Angkat, sisihkan. Cuci ikan, belah perutnya, bersihkan isinya. Masukkan 1/2 bagian bumbu tumis di atas ke dalam perut ikan,  oleskan sisa bumbu pada badan ikan hingga rata. Bakar ikan di atas bara api hingga matang sambil sesekali diolesi minyak agar tidak hangus. Setelah ikan matang, kucuri dengan air jeruk nipis. Bakar lagi sebentar hingga bumbu agak mengering. Angkat. Sajikan dengan sambal dabu – dabu di atasnya bersama dengan sepiring nasi pulen hangat.

Ikan bakar dari kolam, sungai atau danau dan ikan laut khas kota Manado memang enak dinikmati dengan sambal apa saja, nasi hangat dan lalapan segar. Untuk yang bosan dengan ikan nila atau gurame bakar, ikan tude bakar adalah menjadi alternatifnya. Ikan tude disebut juga sebagai ikan kembung banjar. Rasanya sangat gurih dan tak kalah lezat dibandingkan dengan ikan nila atau ikan gurame bakar. Untuk resep ikan bakar tersebut di atas bisa dipadu dengan sambal jenis lain seperti sambal tomat, sambal terasi atau sambal roa. Dengan irisan cabai dan bawang merah serta air limau segar dalam sambal dabu – dabu, membuat sambal ini benar – benar mantap dimakan bersama dengan ikan bakar yang mampu mengguggah selera makan.

Ikan tude segar menjadi sajian favorit di Manado yang pada umumnya dipadukan dengan sambal roa yang pedasnya sangat menggigit. Sambal roa adalah sambal asli Manado yang bahan utamanya berasal dari ikan asap roa, dijamin anda yang baru pertama kali mencicipinya akan merasa ketagihan dan tidak akan lupa terhadap kenikmatan dari kombinasi kedua makanan sederhana tersebut di atas. Harnya yang ditawarkan pada rumah makan di pantai – pantai kota Manado adalah seporsi untuk ikan tude sedang dengan sambal roa atau sambal dabu – dabu biasanya dijual dengan harga 20 ribu rupiah per paket lengkap dengan nasi dan lalapan dan segelas minuman berupa teh pahit yang segar. Anda harus mencoba ikan bakar khas ini jika suatu hari nanti berkunjung ke Manado.

Minuman Khas Manado

Jika anda sudah mengetahui tentang salah satu makanan khas suatu kawasan wisata, pastilah ada minumannya juga. Di Manado terdapat beberapa jenis minuman unik dan tentunya tidak terdapat di daerah – daerah wisata lainnya. Salah satu diantaranya adalah menjadi favorit para turis yang berlibur ke kota ini, namanya sangat unik dan menarik yaitu es tji mei.

Es tji mei minuman kuliner khas Manado
Es Tji Mei

Es tji mei  atau populer dikenal dengan nama es kacang merah rasanya sangat lezat, merupakan salah satu minuman khas Manado yang mempunyai banyak penggemar. Terbuat dari kacang merah yang dicampur dengan gula aren dan susu, membuat minuman ini selain memiliki tampilan cantik, berasa lezat, juga bergizi tinggi sehingga bagus diberikan kepada anak – anak. Untuk menambah cita rasa dari semangkok es ini, biasanya ditambahkan dengan kayu manis saat memasak kuahnya. Terakhir tambahkan es serut agar terasa lebih segar membuat anda semakin bersemangat untuk mencicipi ragam kuliner khas kota Manado. Harga semangkok es ini tergolong murah. Anda bisa menikmati minuman sehat ini senilai 8 ribu rupiah saja.

Terdapat juga jenis minuman lain khas dari daerah Manado dan sekitarnya yaitu “saguer” adalah sejenis arak atau tuak manis yang berasal dari pohon enau. Saguer banyak mengandung alkohol. Jenis minuman ini khusus diproduksi oleh warga Minahasa yang diambil dari hutan atau perkebunan buah dimana disela – selanya ditanam beberapa pohon enau. Pohon enau dalam bahasa sehari – hari di Manado disebut sebagai pohon saguer karena pohon ini menghasilkan saguer atau cairan putih yang rasanya manis keasam – asaman serta mengandung kadar alkohol tinggi. Warung – warung makan di Minahasa sering menjual saguer dalam kemasan menarik. Sebagian orang desa di Minahasa suka meminum saguer dengan alasan agar bisa menambah nafsu makan sebelum mereka makan besar pada waktu siang dan malam hari. Saguer biasa disuguhkan pada acara kumpul – kumpul keluarga di Manado baik itu acara resmi maupun tidak. Demikian ulasan singkat dari kami, semoga bermanfaat !

Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait