Wisata Pantai Iboih Snorkeling @Pulau Weh Aceh

pantai iboih

Pantai Iboih merupakan salah satu pantai tempat wisata paling populer di  Aceh. Pantai dengan sebutan Teupin Layeu ini terletak di sebelah barat Pulau Weh. Keindahan panorama alam di pantai ini mampu membuat para wisatawan kagum menikmati keindahan dan eksotismenya.

Wisata Pantai Iboih

Pantai Iboih sebenarnya adalah pelabuhan yang digunakan oleh penduduk untuk menuju ke Pulau Rubiah. Meski pantai ini adalah pelabuhan, namun keindahan Pantai Iboih tidak diragukan. Air lautnya sangat jernih dengan warna gradasi hijau biru ditambah hamparan pasir pantai yang putih bersih dikelilingi oleh hutan lindung, Iboih tampak seperti surga tersembunyi di Aceh yang tenang dan damai.

Pemandangan wisata pantai boih di Pulau Weh Aceh
Pemandangan wisata pantai boih di Pulau Weh Aceh

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di pantai ini, akan tetapi wisatawan lokal maupun mancanegara lebih banyak melakukan aktifitas menyelam dan snorkeling karena pantai ini memiliki ombak yang tenang dan air yang jernih. Keindahan aneka ragam biota bawah laut dapat dinikmati para wisawatan seperti berbagai macam spesies ikan serta terumbu karang. Bukan hanya itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan gunung merapi yang terdapat di bawah laut.

Wisata Pantai Iboih, Sabang, Pulau Weh
Wisata Pantai Iboih, Sabang, Pulau Weh

Di Pantai Iboih banyak terdapat tempat penyewaan alat menyelam maupun snorkeling sehingga wisatawan yang tidak membawa perlengkapan menyelam dan snorkeling tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Cukup dengan membayar sekitar Rp. 50.000,- hingga Rp. 200.000,- per orang, wisatawan sudah bisa menikmati keindahah biota bawah laut di Pantai Iboih.

Ombak yang tenang, rimbun pepohonan, air yang jernih serta keindahan biota bawah laut membuat wisata Pantai Iboih menjadi pilihan yang tepat untuk liburan dan menyegarkan fikiran dari segala kepenatan aktifitas sehari-hari. Bahkan bagi wisawatan yang ingin merasakan suasana malam di pantai ini, mereka bisa menginap di cottage atau resort yang banyak terletak di pinggir pantai.

Cottage di Pantai Iboih Pulau Weh
Cottage di Pantai Iboih Pulau Weh

Bila berada di kota Sabang, untuk menuju ke pantai ini wisatawan bisa menggunakan angkutan umum, kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan. Jika berada di Banda Aceh, bisa langsung menyeberang ke Pulau Weh dari pelabuhan Ulee Lheue ke pelabuhan Sabang. (Sumber : Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Nangroe Aceh Darussalam)

Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait