Yang Harus Diketahui Oleh Fresh Graduate Saat Melamar Kerja Agar Menarik Perusahaan Yang Membuka Lowongan Kerja

Lowongan Kerja Fresh Graduate

Bisfren – Motivasi. Kita sama tahu bahwa dari tahun ke tahun, jumlah lowongan pekerjaan tidak seimbang dengan jumlah pencari kerja. Persaingan memperebutkan posisi pekerjaan yang ketat membuat para pencari kerja harus jeli melihat dan memilih lowongan kerja yang tersedia sehingga pemberi kerja (perusahaan) mau menerima mereka. Nah bisfreners, selain membekali diri dengan segala kelebihan agar nilai jual menjadi lebih tinggi dan menarik perusahaan, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat mencari pekerjaan. Berikut adalah hal yang harus diketahui oleh fresh graduate saat melamar kerja. Namun apabila tidak ingin bekerja di perusahaan dan ingin melakukan wirausaha, sebaiknya baca peluang usaha modal kecil yang bisa dijadikan bisnis sampingan.

Yang Harus Diketahui Oleh Fresh Graduate Saat Melamar Kerja

Salam sukses bisfreners ! kalau saat ini kamu sedang mencari lowongan kerja berarti kamu baru saja menyelesaikan jenjang pendidikan dan memiliki bekal untuk meniti karir dalam kehidupan nyata.

Sebagai pencari kerja pemula yang belum memiliki pengalaman kerja, tentu semangat kamu untuk mendapat pekerjaan sedang berada pada posisi puncak sehingga hampir setiap lowongan pekerjaan yang tersedia ingin kamu coba ajukan. Baca juga : Profesi Pekerjaan Yang Paling Banyak Dibutuhkan Di Indonesia

Akan tetapi bisfreners, sebagai pemula kamu tentu mengerti bahwa kamu bukan satu-satunya pencari kerja dan tidak semua kesempatan kerja tepat buat kamu. Jadi kamu harus pintar-pintar mempersiapkan diri dan memilih lowongan kerja yang kamu targetkan. Jika kamu sudah memilih, beberapa hal yang harus kamu perhatikan diantaranya adalah :

Persiapkan pengetahuan tentang posisi yang kamu pilih

Test calon pilot pramugari programmer analyst abri polisi
Test Kerja (@InitiaEducation)

Kamu sudah memilih lowongan kerja dan mungkin sudah mengajukan lamaran. Akan tetapi apakah kamu sudah mengetahui tentang posisi atau jabatan yang kamu pilih itu ?

Nah bisfreners, sebaiknya kamu mulai memperbanyak pengetahuan tentang posisi yang kamu pilih. Karena pada saat wawancara melamar kerja, kamu mungkin akan ditanya mengapa kamu memilih posisi itu dan apa saja tugas dan tanggung jawabnya secara umum yang kamu ketahui.

Karena kamu belum memiliki pengalaman, kamu bisa bertanya pada teman atau keluarga yang sudah bekerja dan menduduki posisi itu atau memperbanyak pengetahuan dari buku dan internet. Mungkin kamu perlu membaca Ingin Kaya Di Usia Muda ? Ini Cara Yang Harus Dilakukan

Pada saat wawancara, semakin tinggi pengetahuan yang kamu miliki akan membuat kamu semakin percaya diri dan membuat pemberi kerja percaya bahwa kamu memang orang yang tepat untuk mengisi lowongan kerja itu.

Selama masa tunggu, asah kemampuan kamu untuk posisi yang kamu targetkan. Jangan ragu bergabung dengan komunitas profesional di media sosial meskipun kamu belum bekerja dan memiliki pengalaman

Tingkatkan kemampuan dan pengetahuan dengan bergabung pada komunitas profesional

bergabung dengan komunitas professional
Komunitas (@TheAlamedan)

Caranya, kamu bisa bergabung dengan komunitas profesional pada posisi yang kamu targetkan di media sosial. Kamu bisa menjadi anggota pasif yang membaca topik serta diskusi mereka. Jangan malu untuk bertanya pada moderator atau anggota lain jika kamu tidak mengerti apa yang mereka perbincangkan. Katakan saja kamu “Newbi”,  satu atau dua orang pasti akan ada yang menjawab pertanyaan kamu.

Jika kamu bergabung dan aktif di komunitas, dan kamu terlihat memiliki kemampuan meski tidak punya pengalaman, bisa jadi kamu akan ditawari pekerjaan oleh anggota komunitas dimana kamu bergabung. Baca juga : profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia

Pesiapkan penampilan saat datang memenuhi panggilan test dan wawancara
Penampilan kamu adalah hal pertama yang dilihat oleh kebanyakan orang meski itu tidak berlaku pada pekerjaan-pekerjaan tertentu. Akan tetapi kamu harus ingat bahwa kamu adalah fresh graduate, tidak ada pengalaman yang bisa kamu jual kecuali angka-angka yang tertera di ijazah kamu.

Jadi untuk menambah nilai jual, sebaiknya kamu persiapkan penampilan sebaik mungkin saat memenuhi panggilan untuk test dan wawancara. Kamu tidak perlu tampil perlente tapi juga jangan terkesan berantakan. Yang terpenting adalah rapi, bersih dan sikap percaya diri.

Jangan terlalu banyak menuntut atau bertanya hal yang berkaitan dengan fasilitas dan gaji saat wawancara penempatan. Tapi juga jangan jual diri kamu terlalu murah

jangan banyak menuntut
Wawancara (@WoTv4Women)

Meskipun kamu belum memiliki pengalaman saat melamar kerja, bukan berarti kamu tidak boleh melakukan negosiasi dalam masalah gaji dan fasilitas. Akan tetapi kamu harus memiliki data dan informasi yang akurat tentang gaji dan fasilitas yang kamu minta pada posisi yang kamu inginkan serta mengukur kemampuan perusahaan yang akan mempekerjakan kamu.

Jadi ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu berapa gaji rata-rata pada posisi yang kamu inginkan untuk seorang fresh graduate. Dengan bekal itu, kamu bisa melakukan negosiasi yang baik dan menguntungkan diri kamu. Baca juga : Inilah hak-hak pekerja wanita yang dilindungi undang-undang

Tapi bisfreners, jangan karena semangat tinggi untuk segera mendapat pekerjaan membuat kamu menjual diri kamu terlalu murah. Ingat, kamu sudah bekerja keras dan berjuang untuk memperoleh gelar, jadi kamu pantas mendapat penghargaan sesuai kemampuan kamu.

Yang paling penting untuk BISFRENERS ingat adalah, perusahaan pertama mungkin hanya merupakan batu loncatan untuk karir yang lebih tinggi. Ketika posisi dan tantangan pekerjaan menurut kamu cukup seimbang dengan gaji yang akan kamu dapatkan, sebaiknya kamu ambil pekerjaan itu dan mengembangkan diri disana sampai kamu mendapat pengalaman cukup untuk pindah dan mendapat posisi baru, dengan gaji yang lebih tinggi tentunya. Perlu dibaca : Hebatnya Para Night Owl Alias Orang Yang Kerja Atau Usaha Sampingan Malam Hari

Saat wawancara ketika melamar kerja kamu juga boleh menanyakan tentang peluang untuk mengembangkan ketrampilan, pengetahuan dan karir. Kamu boleh bertanya apakah di perusahaan itu ada semacam pelatihan berkala, pendidikan atau bea-siswa untuk mendapat gelar yang lebih tinggi, dan lain-lain yang lebih etis dan lebih menunjukan kemauan kamu untuk berkembang daripada kamu mempermasalahkan fasilitas dan tunjangan.

Baiklah bisfreners, selamat mencari kerja, semoga sukses segera menjumpai kamu.(fr)


Apabila kamu merasa artikel ini bermanfaat buat kamu atau teman kamu saat melamar kerja, bantu kami membagikan melalui facebook, twitter, google+ dan pinterest kamu dengan mengklik ikon bagikan dibawah artikel ini.

 

 

Dibagikan

Penulis :

Artikel terkait