Beberapa Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menjalani Hubungan Cinta Jarak Jauh

Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menjalani Hubungan Cinta Jarak Jauh

Bagi sebagian orang menjalani hubungan cinta jarak jauh merupakan suatu hal yang mustahil untuk bisa dipertahankan. Akan tetapi dengan era komunikasi semakin canggih, serta adanya internet, hubungan cinta jarak jauh menjadi mungkin. Seperti aku dengan pacar aku, telah menjalani hubungan cinta asmara jarak jauh, terpisah ribuan kilometer dari Ibu Kota. Mungkin perlu diketahui bahwa hubungan makin romantis ini sudah berjalan 3 tahun bahkan masih akan lebih lama lagi karena dia harus menyelesaikan tugas pekerjaannya disana.

Jadi bagi aku hubungan cinta jarak jauh adalah mungkin, asalkan kamu juga dia mengetahui segala hal serta segala kemungkinan dalam hubungan cinta itu. Apa saja harus kamu ketahui sebelum menjalani hubungan cinta jarak jauh ?

Sebelum menjalani hubungan cinta jarak jauh

Alasan mengapa kita harus mengetahui hal berikut ini sebelum memulai hubungan cinta jarak jauh adalah agar kita siap, bisa memahami ketika itu terjadi selama menjalani cinta jarak jauh kita dengan dia.

Tanpa kita mengetahui serta memahami, adalah sebuah kemustahilan untuk mempertahankan hubungan cinta jarak jauh. Hal ini disebabkan frekuensi bertemu secara fisik yang sangat jarang, komunikasi tanpa ekspresi serta sentuhan, juga gangguan dari pihak ketiga. [Baca juga : Bukti Dia Serius Sama Kamu]

Nah untuk alasan itulah kita perlu mempelajari hal yang perlu diketahui sebelum menjalani hubungan cinta jarak jauh berikut ini :

Aspek fisik sangat berarti dalam mempertahankan sebuah hubungan cinta. Meskipun terpisah jarak yang jauh, pertemuan harus dijaga meski tidak bisa sering

Aspek fisik sangat berarti dalam mempertahankan sebuah hubungan jarak jauh LDR
Makan malam (@MovieManjackSon)

Para ahli mengatakan bahwa dalam menjaga sebuah hubungan cinta, aspek fisik sangatlah menentukan. Tanpa ada pertemuan sama sekali, perasaan cinta perlahan akan terkikis lalu hanya menyisakan kilas kenangan atau bahkan hilang sama sekali.

Oleh karena itu, jika kamu memutuskan untuk menjalani hubungan cinta jarak jauh, sebuah pertemuan dibuthkan meski itu hanya bisa dilakukan 6 bulan atau 1 tahun sekali.

Pasangan kamu akan banyak menghabiskan waktu dengan orang lain di tempat lain. Jadi harus bisa menerima jika dia banyak bercerita tentang orang lain yang tidak dikenal serta peristiwa yang tidak dimengerti

Pasangan LDR akan banyak menghabiskan waktu dengan orang lain di tempat lain
Bersama teman (@Pinterest)

Kegagalan dari sebuah hubungan cinta jarak jauh lebih banyak disebabkan karena salah satu dari pasangan tidak siap menerima kenyataan bahwa pasangannya lebih banyak menghabiskan waktu dengan orang lain yang tidak dia kenal di tempat berbeda. Sebaiknya dibaca : cara minta maaf pada pacar

Dia tidak siap mendengar pasangannya bercerita tentang si A, si B, atau si C pada kegiatan yang dilakukannya sehingga membuat percakapan menjadi hambar lagi membosankan.

Iteraksi sosial dengan orang lain bisa juga menyebabkan kecemburuan pasangan ketika salah satu dari mereka menceritakan acara atau kegiatan dengan lawan jenis meskipun dia berusaha meyakinkan tidak ada yang istimewa diantara mereka.

Perbedaan zona waktu bisa jadi sebab putusnya komunikasi dan salah pengertian

Perbedaan zona waktu bisa jadi sebab putusnya komunikasi LDR dan salah pengertian
Zona waktu (@TheClockDepot)

Apabila perbedaan jarak sangat jauh sehingga menyebabkan terjadi perbedaan zona waktu signifikan, maka keduanya harus bisa mengatur waktu untuk berkomunikasi agar tidak terputus serta tidak menyebabkan salah pengertian. [Sebaiklnya dibaca : mengapa harus menyerah kalah kalau sudah sejauh ini ?.]

Perlu diketahui, dengan perbedaan zona waktu 4 jam saja, waktu untuk melakukan komunikasi harus diatur sedemikian rupa agar masing-masing tidak terganggu kewajibannya untuk belajar, bekerja atau beristirahat.

Kamu yang tinggal di Jakarta sudah jam 7 pagi, tetapi pasangan hidup di Jedah masih jam 3 pagi. Dirimu tidak bisa menghubungi karena dia masih tertidur. Namun ketika disana dia bangun jam 6 pagi ingin menghubungi, dirimu sedang sibuk bekerja karena di WIB sudah masuk jam sibuk, jam 10 pagi.

Kamu dan dia harus punya target serta rencana untuk menentukan kapan cinta jarak jauh harus berakhir

target dan rencana untuk menentukan kapan hubungan jarak jauh LDR berakhir
Target (@OhSoBeautifulPaper)

Ini bukan tentang perpisahan, melainkan merencanakan untuk menyatukan cinta kalian secara utuh sehingga tidak ada lagi jarak menghalangi. Sampai kapan kalian akan menjalani hubungan cinta jarak jauh kalau tidak ada rencana dan target untuk mengakhirinya. [Baca : cara move on paling cocok buat remaja.]

Tentukanlah misalnya, 1 tahun lagi kuliah harus selesai, jadi kalian bisa berkumpul kembali. Atau pastikan tidak ada perpanjangan kontrak kerja lagi setelah 2 tahun. Semua itu tergantung komunikasi diantara kalian berdua.

Cinta jarak jauh 90% bisa dipercaya kalau sudah dijalin sebelum terpisah, tapi hanya 50% bisa dipercaya jika dimulai tanpa ada pertemuan sama sekali

hubungan jarak jauh LDR 90% bisa dipercaya
Dipercaya (@DailyMail)

Kalau kalian jadian karena sudah bertemu lalu jadian sebelum kemudian terpisah, cinta jarak jauh kamu dengan dia 90% bisa dipercaya. Tetapi kalau hubungan cinta jarak jauh dimulai tanpa ada perkenalan pertemuan sebelumnya, cinta kalian sangat rentan, hanya 50% bisa dipercaya. Baik itu dari kamu, maupun dari dia, bisa jadi jatuh cinta hanya karena merasa iseng dan membutuhkan teman chatting, bercerita atau teman curhat. [Sebaiknya kamu baca cerpen LDR : cerita pendek ikhlas.]

Demikianlah sedikit tentang hal yang harus diketahui sebelum menjalani hubungan cinta jarak jauh, semoga bermanfaat bagi sobat semua. Jika artikel aku ini bermanfaat, jangan lupa dibagikan kepada teman melalui Facebook, Google+, Twitter, BBM, Whatsapp dan Pinterest. (AI)

Save

Save

Save

Dibagikan

Ayoe Iwani

Penulis :

Artikel terkait